Bateng Selesaikan Penyerapan Dana Desa Tahap Pertama


Bateng Selesaikan Penyerapan Dana Desa Tahap Pertama

KOBA - Penyerapan dana 53 desa yang ada di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) Provinsi Bangka Belitung (Babel), kini telah terealisasi 73 persen. 

Kepala Dinsos PMD Bateng Mulyanto kepada RB, Selasa (12/9) kemarin mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan mengupayakan agar angka persentase penyerapan dana desa diatas 75 persen sehingga dapat mengajukan proses ke tahap kedua tahun 2017 ini dalam pekan ini juga. 

"Laporan minggu kemarin itu 73 persen, insya allah minggu ini progresnya sudah 75 persen, bendahara desa telah dikumpulkan untuk mensinkronkannya temasuk realisasi bangunan fisik," ujar Mulyanto.

Dibeberkannya, untuk proses pencairan sendiri digunakan sistem 60-40 persen yang tidak memakai pertriwulan, untuk siklus normalnya penyerapan dilakukan pada bulan mei untuk tahap pertama dan bulan agustus pada tahap keduanya. 

Bahkan dikatakan Mulyanto, jika Menteri Keuangan sendiri telah mengatensikan penyerapan dana desa harus dilakukan diatas 75 persen dan realisasi anggaran fisik diatas 50 persen untuk mengajukan pada tahap kedua. 

"Dana desa se Bateng ini totalnya Rp46miliar dari APBN Pusat, ADD Rp48miliar dari APBD murni. Rata-rata desa menerima bantuan anggaran untuk pembangunan daerah yakni dari tiga sumber, APBN Rp800juta, DAK Rp800juta sampai dengan Rp900juta dan anggaran provinsi Rp25juta pertahun," pungkasnya. (dev) 





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Aksi "221" Sudah Sebar Luas Undangan
Aksi "221" Sudah Sebar Luas Undangan
Jum'at, 19/01/2018 06:47 WIB
KOBA - Lebih dari 100 orang dari semua elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) tergabung dalam Forum
Polda Tangkap Kolektor Timah di Bangka Tengah, Bagaimana Dengan Kolektor  Lain ??
Polda Tangkap Kolektor Timah di Bangka Tengah, Bagaimana Dengan Kolektor Lain ??
Kamis, 18/01/2018 10:38 WIB
KOBA-Anggota Subdit 4 Tipiter Ditreskrimsus Polda Babel pimpinan AKBP I Wayan Rico SIk menangkap kolektor timah, Rabu,17 Januari 2018 sekira
Bupati Ibnu Melantik Kepengurusan Karang Taruna Bateng
Bupati Ibnu Melantik Kepengurusan Karang Taruna Bateng
Senin, 15/01/2018 12:16 WIB
KOBA - Kepengurusan baru Karang Taruna Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Bateng) akhirnya terbentuk setelah Ibnu Saleh,
Bangka Tengah Ditetapkan Jadi Klaster Gaharu
Bangka Tengah Ditetapkan Jadi Klaster Gaharu
Senin, 15/01/2018 12:13 WIB
KOBA - Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ditetapkan sebagai daerah klaster gaharu (aquilaria beccarain) asal Indonesia karena dinilai