Bateng Selesaikan Penyerapan Dana Desa Tahap Pertama


Bateng Selesaikan Penyerapan Dana Desa Tahap Pertama

KOBA - Penyerapan dana 53 desa yang ada di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) Provinsi Bangka Belitung (Babel), kini telah terealisasi 73 persen. 

Kepala Dinsos PMD Bateng Mulyanto kepada RB, Selasa (12/9) kemarin mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan mengupayakan agar angka persentase penyerapan dana desa diatas 75 persen sehingga dapat mengajukan proses ke tahap kedua tahun 2017 ini dalam pekan ini juga. 

"Laporan minggu kemarin itu 73 persen, insya allah minggu ini progresnya sudah 75 persen, bendahara desa telah dikumpulkan untuk mensinkronkannya temasuk realisasi bangunan fisik," ujar Mulyanto.

Dibeberkannya, untuk proses pencairan sendiri digunakan sistem 60-40 persen yang tidak memakai pertriwulan, untuk siklus normalnya penyerapan dilakukan pada bulan mei untuk tahap pertama dan bulan agustus pada tahap keduanya. 

Bahkan dikatakan Mulyanto, jika Menteri Keuangan sendiri telah mengatensikan penyerapan dana desa harus dilakukan diatas 75 persen dan realisasi anggaran fisik diatas 50 persen untuk mengajukan pada tahap kedua. 

"Dana desa se Bateng ini totalnya Rp46miliar dari APBN Pusat, ADD Rp48miliar dari APBD murni. Rata-rata desa menerima bantuan anggaran untuk pembangunan daerah yakni dari tiga sumber, APBN Rp800juta, DAK Rp800juta sampai dengan Rp900juta dan anggaran provinsi Rp25juta pertahun," pungkasnya. (dev) 





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Pemkab dan Polres Bateng Besinergi  Menjaga Kamtibmas
Pemkab dan Polres Bateng Besinergi Menjaga Kamtibmas
Kamis, 14/06/2018 11:06 WIB
KOBA - Pemerintah Kabupaten dan Polres Bangka Tengah (Bateng) bersinergi dalam menjaga ketertiban serta keamanan masyarakat dalam merayakan lebaran Idul
Bupati Ibnu Salurkan Bantuan Warga Sakit Stroke
Bupati Ibnu Salurkan Bantuan Warga Sakit Stroke
Jum'at, 08/06/2018 16:38 WIB
KOBA - Bupati Bangka Tengah (Bateng), DR H Ibnu Saleh MM menyampaikan bantuan kepada Syahrom yang mengidap penyakit stroke
Pemkab Bateng Sanksi Perusahaan Tidak Bayar THR
Pemkab Bateng Sanksi Perusahaan Tidak Bayar THR
Jum'at, 08/06/2018 13:35 WIB
KOBA - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung siap menjatuhi sanksi terhadap perusahaan yang tidak membayarkan THR bagi
Upacara Gelar Pasukan, Ribuan Liter Arak Dimusnahkan
Upacara Gelar Pasukan, Ribuan Liter Arak Dimusnahkan
Jum'at, 08/06/2018 13:13 WIB
KOBA - Bupati Bangka Tengah, DR Ir H Ibnu Saleh MM jadi inspektur upacara dalam giat Upacara Gelar Pasukan Operasi