Inspektorat Kawal Ketat Penggunaan Dana Desa


Inspektorat Kawal Ketat Penggunaan Dana Desa

KOBA - Pemkab Bangka Tengah (Bateng) melalui Inspektorat, melakukan pengawalan dana desa berdasarkan sistem program kerja tembusan tahunan yang sejak awal tahun 2017 telah disusun data-datanya. 

Kepala Inspektorat Bateng Eddyson Hutagalung kepada RB, Selasa (12/9) kemarin mengatakan, penyusunan data dana desa dilakukan secara audit reguler karena saat melakukan pemeriksaan berdasar identifikasi resiko dan analisis resiko. "Artinya, tidak semua desa dilakukan pemeriksaan berkenaan menyangkut Sumber Daya Manusia (SDM) auditornya masih kurang dan juga dana yang tersedia," kata Eddyson. 

Ia menyebutkan, pihaknya melakukan pengawalan penggunaan dana desa yang tersedia secara keseluruhan se Bateng 56 desa dirasa mengalami kesulitan. Maka dari itu, pihaknya hanya mengambil 30 sampel desa saja berdasarkan resiko terhadap rentan penyimpangan besar. "Kita koordinasi dengan Dinsos PMD dalam bertugas, termasuk juga Camat," imbuhnya.

Dikatakannya, tidak sekaligus inspektorat bertugas mengawal dana desa karena setiap kegiatan yang dilakukan bisa jadi berpotensi memakan dana dan bersifat menghambur-hamburkan uang negara.

Dalam hal ini, Pemkab memiliki metodelogi dan uji peti sampling karena sifatnya pemeriksaan bukan dilakukan secara investigasi yang diperiksa secara semua, namun hanya berdasarkan kerentanan resiko tinggi. 

"Kalau tingkat resikonya tinggi, tingkat penyelewengannya tinggi, jumlah skala bantuan dana ADD dalam skala besar, kemudian ada laporan dari masyarakat, LSM ataupun dari wartawan, kemudian baru kita turun," cetusnya. 

Namun dari 30 desa terdata rentan terjadi penyelewengan, Eddyson menegaskan desa yang dimaksud belum tentu hanya itu saja karena penyimpangan yang terindikasi dapat berubah-ubah sesuai dengan informasi-informasi yang masuk. (dev) 





Berikan Komentar

Koba Lainnya
2018, Penerima PBI BPJS Bateng 23.000 Orang
2018, Penerima PBI BPJS Bateng 23.000 Orang
Jum'at, 24/11/2017 04:13 WIB
KOBA - Ketua Komisi III DPRD Bateng, Batianus memastikan anggaran PBI untuk BPJS pada 2018 mencapai angka Rp.2,5 miliar atau
Anggaran PBI BPJS Bateng 2018 Menjadi Rp 2,5 M, Batianus : Ada Tambah 2000 Jiwa
Anggaran PBI BPJS Bateng 2018 Menjadi Rp 2,5 M, Batianus : Ada Tambah 2000 Jiwa
Kamis, 23/11/2017 12:05 WIB
KOBA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Bangka Tengah (Bateng), memastikan ada pengucuran anggaran untuk Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS
Bupati Bateng dan Ketua DPRD Babel  Minta Masyarakat Dukung Kawasan KEK Batubelubang
Bupati Bateng dan Ketua DPRD Babel Minta Masyarakat Dukung Kawasan KEK Batubelubang
Kamis, 23/11/2017 11:32 WIB
PANGKALANBARU - Dalam agenda peletakan batu pertama pembangunan Masjid Baitul Rohmah yang berada di Desa Batubelubang, Kecamatan Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka
Disperindagkop UKM Bateng Terima Bersih
Disperindagkop UKM Bateng Terima Bersih
Rabu, 22/11/2017 10:05 WIB
KOBA - Tidak optimalnya kondisi pedagang dan pembeli yang ada di pasar modern Koba yang ada di Kabupaten Bangka Tengah