Inspektorat Kawal Ketat Penggunaan Dana Desa


Inspektorat Kawal Ketat Penggunaan Dana Desa

KOBA - Pemkab Bangka Tengah (Bateng) melalui Inspektorat, melakukan pengawalan dana desa berdasarkan sistem program kerja tembusan tahunan yang sejak awal tahun 2017 telah disusun data-datanya. 

Kepala Inspektorat Bateng Eddyson Hutagalung kepada RB, Selasa (12/9) kemarin mengatakan, penyusunan data dana desa dilakukan secara audit reguler karena saat melakukan pemeriksaan berdasar identifikasi resiko dan analisis resiko. "Artinya, tidak semua desa dilakukan pemeriksaan berkenaan menyangkut Sumber Daya Manusia (SDM) auditornya masih kurang dan juga dana yang tersedia," kata Eddyson. 

Ia menyebutkan, pihaknya melakukan pengawalan penggunaan dana desa yang tersedia secara keseluruhan se Bateng 56 desa dirasa mengalami kesulitan. Maka dari itu, pihaknya hanya mengambil 30 sampel desa saja berdasarkan resiko terhadap rentan penyimpangan besar. "Kita koordinasi dengan Dinsos PMD dalam bertugas, termasuk juga Camat," imbuhnya.

Dikatakannya, tidak sekaligus inspektorat bertugas mengawal dana desa karena setiap kegiatan yang dilakukan bisa jadi berpotensi memakan dana dan bersifat menghambur-hamburkan uang negara.

Dalam hal ini, Pemkab memiliki metodelogi dan uji peti sampling karena sifatnya pemeriksaan bukan dilakukan secara investigasi yang diperiksa secara semua, namun hanya berdasarkan kerentanan resiko tinggi. 

"Kalau tingkat resikonya tinggi, tingkat penyelewengannya tinggi, jumlah skala bantuan dana ADD dalam skala besar, kemudian ada laporan dari masyarakat, LSM ataupun dari wartawan, kemudian baru kita turun," cetusnya. 

Namun dari 30 desa terdata rentan terjadi penyelewengan, Eddyson menegaskan desa yang dimaksud belum tentu hanya itu saja karena penyimpangan yang terindikasi dapat berubah-ubah sesuai dengan informasi-informasi yang masuk. (dev) 





Berikan Komentar

Koba Lainnya
TMMD ke 102 Bangun Jalan Sepanjang 18 KM
TMMD ke 102 Bangun Jalan Sepanjang 18 KM
Rabu, 11/07/2018 07:32 WIB
KOBA - Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 Kodim 0413/Bangka, Korem 045/Garuda Jaya akan membangun jalan sepanjang 18 Km dengan
Bupati Ibnu Saleh Resmikan TMMD ke-102
Bupati Ibnu Saleh Resmikan TMMD ke-102
Selasa, 10/07/2018 15:16 WIB
SUNGAISELAN - Bupati Bangka Tengah, DR Ir H Ibnu Saleh MM menghadiri upacara pembukaan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke
Tahura Bukit Mangkol Dirusak Penambang
Tahura Bukit Mangkol Dirusak Penambang
Selasa, 10/07/2018 11:38 WIB
SIMPANGKATIS - Akses jalan utama Desa Teru Kecamatan Simpangkatis Kabupaten Bangka Tengah lambat laun akan terancam rusak oleh aktivitas tambang
8 Calhaj Lansia Bangka Tengah Ditolak Berangkat Ke Tanah Suci
8 Calhaj Lansia Bangka Tengah Ditolak Berangkat Ke Tanah Suci
Senin, 09/07/2018 13:14 WIB
KOBA - Sebanyak delapan calon jamaah haji lanjut usia (lansia) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) ditolak oleh kementerian agama untuk berangkat