PLTGU Mangkrak, DPRD Desak Pemda Cari Formulasinya


PLTGU Mangkrak, DPRD Desak Pemda Cari Formulasinya

MUNTOK -- Bertempat di gedung Mahligai Betason II Kantor DPRD Bangka Barat sejumlah wakil rakyat melakukan Rapat Dengan Pendapat (RDP) dengan pihak pengembang inevestasi PLTGU yang semula akan dikembang kan di Bangka Barat.

Hanya saja, sejak adanya rencana pengembangan PLTGU tersebut hingga sekarang belum ada titik terang, bahkan hingga kini rencana tersebut barulah sebatas pemaparan belaka.

Setelah menyimak persoalan yang ada terkait pengembangan PLTGU yang semula digagas oleh PT Muntok Listrik Utama (MLU) pada RDP yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Babar Hendra Kurniadi, Rabu (10/1) kemarin ditanggapi serius oleh Samsir selaku Ketua Komisi 3 DPRD Kabupaten Babar.

Politisi PKS itu pun mendesak sekaligus mendorong pihak eksekutif dalam hal ini Pemkab Babar untuk segera mencari formulasi untuk menyelesaikan beberapa kendala yang dihadapi oleh pihak pengembang PLTGU di Babar.

"Dari kacamata saya, pihak pengemban sudah menunjukan keseriusan untuk berinvestasi di Babar. Jadi, ini harus kita dorong dan eksekutif pun harus lebih concern untuk mencari formulasi yang tepat menyelesaikan beberapa kendala yang ada di lapangan, jangan dibiarkan dan serahkan sepenuhnya kepada investor saja, mereka mau berinvestasi ke Babar kita seharus bersyukur, jangan sampai semua kendala yang ada dilepas dan diserahkan semuanya kepada pihak investor," ungkap Samsir kepada harian ini, Kamis (11/1) sore.

Menurut Samsir, untuk mendatangkan investor bukan lah suatu perkara yang mudah. Oleh karena itu, ia menegaskan Pemda Babar tidak mensia-siakan investor yang ingin berinvestasi di Babar, tentu hal tersebut akan berdampak positif baik daerah maupun masyarakat.

"Yang terpenting itu, niat ketulusan dari pihak investor. Jangan sampai, hanya sekedar ingin menguasai lahan di Babar saja, kalau seperti ini saya pribadi tidak pernah setuju. Tapi, kalau sebaliknya saya rasa kita di DPRD akan sepakat untuk mendorong pertumbuhan investasi di Babar, karena akan berdampak positif baik untuk daerah maupun masyarakat. Otomatis, lapangan pekerjaan lebih terbuka," tukas Samsir.

Ditanya mengenai faktor apa saja yang menjadi penghambant pengembangan investasi di Babar khususnya pengembangan PLTGU, dikatakannya salah satu nya pembebasan lahan dan kajian untuk penerbitan izin AMDAL.

"Masih ada kendala, tapi saya kalau pemda kita serius kendala ini bisa diatasi. Investor ini harus kita dampingi, difasilitasi bukan dibiarkan. Lama kelamaan mereka akan pergi dengan sendirinya. Kendala itu, seperti pembebasan lahan dan kajian AMDAL," pungkasnya.

Terpisah, salah satu perwakilan PT MLU selaku pihak pengembang PLTGU di Babar belum bisa memberikan keterangan terkait kendala yang dianggap sebagai pemicu lamban nya pengembangan PLTGU di Babar. Namun, pihak PT MLU menyakin bahwasanya pengembangan PLTGU di Babar bukan hanya sekedar isapan jempol semata.

"Nanti, kita ketemu saja saya masih di Pangkalpinang ini susah kalau ngobrol di Handphone (HP). Tetapi, kita concern bahkan sudah serius sekali untuk mengembangkan PLTGU ini," ujar Tatang selaku perwakilan PT MLU saat dihubungi harian ini, Kamis (11/1) sore.(Ray)





Berikan Komentar

Muntok Lainnya
Kepala OPD Banyak Tak Hadir Pada Upacara Peringatan Hari OTDA Ke 22
Kepala OPD Banyak Tak Hadir Pada Upacara Peringatan Hari OTDA Ke 22
Rabu, 25/04/2018 17:20 WIB
MUNTOK – Dari sekian jumlah kepala OPD yang ada di lingkungan Pemda Bangka Barat hanya 10 orang saja yang ikut
Meskipun Setengah Matang Hari OTDA Tetap Diperingati
Meskipun Setengah Matang Hari OTDA Tetap Diperingati
Rabu, 25/04/2018 16:15 WIB
MUNTOK - Ibarat pepatah “kepala di lepas buntut di pegang” begitu lah pepatah yang tepat perjalanan Otonomi Daerah (otda)
Peringati Hari Kartini, SD Muhammadiyah Gelar Berbagai Lomba Berbudaya Melayu
Peringati Hari Kartini, SD Muhammadiyah Gelar Berbagai Lomba Berbudaya Melayu
Rabu, 25/04/2018 16:11 WIB
MUNTOK - SD Muhammadiyah Muntok peringati hari Kartini ke 139 yang jatuh pada tanggal 21 April beberapa hari yang lalu
ASN Ongkang Ongkang Kaki Akan Diawasi Dengan E-Kinerja
ASN Ongkang Ongkang Kaki Akan Diawasi Dengan E-Kinerja
Selasa, 24/04/2018 16:12 WIB
MUNTOK -- Pemerintah Kabupaten Bangka Barat melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah terus melakukan transformasi menuju era