Ribuan Warga Tumpah Ruah, Perayaan Cap Go Meh di Paritiga Meriah


Ribuan Warga Tumpah Ruah, Perayaan Cap Go Meh di Paritiga Meriah

PARITTIGA  -Ribuan warga yang berasal dari Kecamatan Parit Tiga dan sekitarnya tumpah ruah merayakan Perayaan Cap Go Meh yang digelar di Jalan Kimjung, Kecamatan Parit Tiga, Kabupaten Bangka Barat, Jumat  (2/3/18). Cap Go Meh (Hokkien) melambangkan hari ke-15 dan hari terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek bagi komunitas Tionghoa di seluruh dunia.

Sejak pukul 15.00 WIB ribuan warga ini sudah memadati ruas Jalan Puput Atas. Warga memilih datang lebih awal agar bisa mendapatkan tempat yang nyaman untuk menonton acara tersebut.

Menurut Ketua Panitia, Akhien (55) mengatakan acara dimulai dengan prosesi pengarakan patung Dewa Taepekong dari Kelenteng Bakti yang berada di Jalan Air Kuang, untuk dibawa berkeliling wilayah Pasar Parit Tiga. Kemudian dibawa menuju ke tempat acara berlangsung di Jalan Kimjung.

"Cap Go Meh ini perupakan 15 hari terakhir dari perayaan tahun baru imlek, kami berharap perayaan ini juga bisa menjadi daya tarik bagi para wisatawan, baik itu lokal mau pun dari luar," ungkapnya
Sementara itu untuk kelancaran acara ini,  pihak Kepolisian dalam hal ini Polsek Jebus menurunkan personil sebanyak 41 orang.

Menurut Kapolsek Jebus, Kompol Alam Bawono SIk atas seizin  Kapolres Bangka Barat, AKBP Firman Andrean mengatakan pihaknya menurunkan hampir seluruh personil yang mereka miliki.

"Kita turunkan personil sebanyak 41 orang, dan nanti karena ada acara hiburan berupa musik, kita akan  mensweeping dulu para penonton. Jika ada yang kedapatan mengkonsumsi minuman keras apa lagi membawa senjata tajam akan kita amankan. Kita tidak ingin acara yang sakral bagi umat agama Konghucu ini terganggu oleh ulah oknum yang tidak bertanggung jawab," ucap perwira berpangkat melati satu ini. (cr10)





Berikan Komentar

Muntok Lainnya
13 Parpol Sepakati Deklarasi Damai
13 Parpol Sepakati Deklarasi Damai
Rabu, 26/09/2018 00:47 WIB
MUNTOK - Sebanyak 13 Partai Politik (Parpol) yang akan bertarung pada Pemilu 2019 mendatang menandatangani Deklarasi Damai di Gedung Catur
Laka Maut di Desa Kacung 3 Tewas, 4 Luka luka
Laka Maut di Desa Kacung 3 Tewas, 4 Luka luka
Sabtu, 22/09/2018 09:45 WIB
MUNTOK-- Tiga orang tewas dan empat orang lainnya luka luka, setelah mobil Cayla dikemudikan MT (25) Warga Sungailiat, Bangka menabrak
309 Bacaleg Masuk DCT, 3 Diantaranya Masih Sengketa
309 Bacaleg Masuk DCT, 3 Diantaranya Masih Sengketa
Jum'at, 21/09/2018 12:18 WIB
MUNTOK- Daftar Calon Tetap (DCT) untuk Pileg Kabupaten Bangka Barat tahun 2019 telah ditetapkan oleh KPU, sebanyak 309 bacaleg dari
Dikeluarkan Guru, Siswa Kelas 6 SD Terancam Putus Sekolah
Dikeluarkan Guru, Siswa Kelas 6 SD Terancam Putus Sekolah
Jum'at, 21/09/2018 12:14 WIB
MUNTOK- Kasus guru memindahkan anak murid kembali terulang, kali ini menimpa DS, siswa kelas VI Sekolah Dasar (SD) 18