Peringatan Hari Pers Nasional 2018, Saran Dahlan Iskan untuk Jurnalis


Peringatan Hari Pers Nasional 2018, Saran Dahlan Iskan untuk Jurnalis

PADANG -Para peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018, Dahlan Iskan didaulat menjadi salah pembicara pada Konvensi Nasional Media Massa di Hotel Grand Inna, Padang, kemarin (8/2).

Dia menekankan, pada saat media online semakin menjamur, jurnalis surat kabar memiliki tantangan yang berbeda. Salah satunya adalah menghasilkan karya jurnalistik yang indah. Pesan Dahlan itu sekaligus menjawab beberapa pertanyaan mengenai eksistensi jurnalis surat kabar pascarevolusi digital terjadi.

Menurut Dahlan, surat kabar memiliki kelemahan dalam hal kecepatan pemberitaan. Karena itu, jurnalis surat kabar harus lebih tertantang membuat karya jurnalistik yang indah. "Sebab, karya jurnalistik yang biasa-biasa saja kan sudah bisa didapat di online yang lebih cepat," ujar Menteri BUMN periode 2011-2014 itu.Untuk menghasilkan karya jurnalistik yang indah, Dahlan memberikan tip sederhana. Yakni, rajin-rajinlah membaca novel yang baik. "Saya sampai hari ini, setiap bulan setidaknya membaca satu novel. Dari sana bisa mendapatkan inspirasi menulis yang baik," terang pria yang turut mendorong lahirnya semangat pengembangan mobil listrik di Indonesia itu.

Dahlan juga menyoroti mudahnya mendirikan media online di Indonesia saat ini. Dia pun berpesan agar produk yang dihasilkan media-media tersebut tidak melanggar kode etik.

"Yang penting niatnya baik, untuk menghidupi anak, istri, dan keluarga, menjaga eksistensi diri sebagai wartawan. Dan jangan memeras," tegasnya.

Selain Dahlan, Konvensi Nasional Media Massa kemarin dihadiri Menteri Kominfo Rudiantara dan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Dalam kesempatan itu, Sri Mulyani mengatakan bahwa pers menjadi salah satu pemangku kepentingan dan aktor dominan dalam proses pembangunan negara.

"Pemerintah menggunakan pers untuk menyalurkan informasi dan mengedukasi serta menyampaikan program-program pembangunan oleh pemerintah," kata perempuan yang pernah menjabat direktur Bank Dunia tersebut. (ril/gun/c10/fat)





Berikan Komentar

Nusantara Lainnya
Tak Ada Tanggal Merah untuk Berantas Korupsi
Tak Ada Tanggal Merah untuk Berantas Korupsi
Senin, 18/06/2018 21:37 WIB
JAKARTA -Meski memasuki hari libur Lebaran, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan pemberantasan korupsi tak berhenti. Juru Bicara KPK Febri Diansyah
KPK Pastikan Novanto Lunasi Uang Pengganti USD 7,3 Juta
KPK Pastikan Novanto Lunasi Uang Pengganti USD 7,3 Juta
Senin, 18/06/2018 21:19 WIB
JAKARTA - Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah mengatakan, terpidana kasus korupsi pengadaan e-KTP Setya Novanto belum melunasi
Arus Mudik 2018 Alami Penurunan Kemacetan 60 Persen
Arus Mudik 2018 Alami Penurunan Kemacetan 60 Persen
Senin, 18/06/2018 21:16 WIB
JAKARTA -Puncak arus mudik 2018 telah berlalu. Bahkan sejumlah masyarakat saat ini satu persatu mulai kembali ke perantauan. Kendati demikian
Tim SAR Hentikan Total Pencarian, Semua Korban Hilang Sudah Ditemukan
Tim SAR Hentikan Total Pencarian, Semua Korban Hilang Sudah Ditemukan
Rabu, 13/06/2018 21:21 WIB
KAYUAGUNG - Pencarian korban tenggelamnya speed boot Albert yang mengalami kecelakaan Rabu (13/6) pukul 09.00 WIB akhirnya ditemukan.