Pencapaian Fenomenal, Babel Capai Inflasi 3,13 Persen, Terendah Dari Nasional


Pencapaian Fenomenal, Babel Capai Inflasi 3,13 Persen, Terendah Dari Nasional

PANGKALPINANG- Upaya tim pemantauan dan pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Satgas pangan dalam menekan laju inflasi membuahkan hasil. Hal tersebut disampaikan Kepala Bank Indonesia Perwakilan Babel, Bayu Martanto yang mengatakan Bahwa tingkat Inflasi di Babel saat ini sangat rendah yaitu 3,13 persen.
  
 " Inflasi di Babel saat ini sangat rendah 3,13 persen, bahkan lebih rendah dari inflasi nasional yang mencapai 3,31 dan mencapai target pemerintah yang mematok tingkat inflasi maksimal 4,1 persen," jelasnya.
    
Bayu mengatakan, pecapaian yang fenomenal ini merupakan merupakan pencapaian inflasi terendah dalam 8 tahun terakhir, sehingga Ia berharap kedepan ini dapat tetap bertahan.
    
" Ini merupakan momen yang baik pertama telah memberikan motivasi bagi TPID dan satgas Pangan bahwasanya tingkat Inflasi rendah telah tercapai sehingga ini motivasi untuk kedepan lebih baik karna tantangan kedepan lebih besar," jelasnya.
    
Ia Menjelaskan, dengan tercapai nya target inflasi ditahun 2017  tentu nya ditahun ini tarhet yang dipasang akan semakin berat, oleh karena nya kita perlu memperisiapkannya.
    
"Untuk tahun ini pemerintah menargetkan 3,5 persen +- 1 persen, artinya lebih berat jika dibandingkan sebelum nya diangka 4 persen +- 1 persen, apalagi adanya kenaikan beberapa komodoti seperti beras, daging ayam ,cabe dan sebagainya, yang menanti untuk diselesiakan," imbuhnya.
    
Lebih jauh Bayu meminta segenap instansi terkait untuk berbenah ,karena kendala utama adalah berkenaan dengan masalah struktural.
    
"Problemnya itu berkenaan dengan struktural, produksi, distribusi tata niaga, informasi data, kelembagaan dan perilaku konsumen ,jika itu dapat diselesaikan baru lah target inflasi rendah dapat tercapai," ungkapnya.
    
Oleh karenanya, Bayu mengaskan kita perlu meningkatkan kemudahan akses ke Bangka belitung. " Kita perlu memastikan bahwa daerah yg menghasilkan pangan untuk Bangka Belitung mobilitas barang nya dapat lancar, memudahkan pemindahan komoditas itu ke kita dengan lancar, stok yg cukup terhadap komoditas tersebut, dan mendistribusikan ke konsumen dengan harga yang wajar," tandasnya. (dik)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
​KPU : 12 Mei Debat Kandidat Wako dan Wawako
​KPU : 12 Mei Debat Kandidat Wako dan Wawako
Kamis, 26/04/2018 14:56 WIB
PANGKALPINANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pangkalpinang telah menjadwalkan debat kandidat Pasangan Calon (Pason) Walikota dan Wakil Walikota Pangkalpinang ,
Hari Otda, ASN Jaga Netralitas Pilkada
Hari Otda, ASN Jaga Netralitas Pilkada
Kamis, 26/04/2018 04:07 WIB
PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Rabu (25/4/2018) pagi, menggelar upacara dalam rangka memperingati hari Otonomi Daerah
Kapolres Pangkalpinang Sambut Kedatangan Kapolri
Kapolres Pangkalpinang Sambut Kedatangan Kapolri
Kamis, 26/04/2018 04:05 WIB
PANGKAPINANG - Kapolres Pangkalpinag, AKBP Iman Septana Risdono SIk sambut kunjungan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Pol Tito Karnavian
Kapolri Resmikan Masjid At Taqwa dan Bhayangkara Park
Kapolri Resmikan Masjid At Taqwa dan Bhayangkara Park
Kamis, 26/04/2018 02:55 WIB
PANGKALPINANG - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Pol Tito Karnavian didampingi Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Muhammad