Pencapaian Fenomenal, Babel Capai Inflasi 3,13 Persen, Terendah Dari Nasional


Pencapaian Fenomenal, Babel Capai Inflasi 3,13 Persen, Terendah Dari Nasional

PANGKALPINANG- Upaya tim pemantauan dan pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Satgas pangan dalam menekan laju inflasi membuahkan hasil. Hal tersebut disampaikan Kepala Bank Indonesia Perwakilan Babel, Bayu Martanto yang mengatakan Bahwa tingkat Inflasi di Babel saat ini sangat rendah yaitu 3,13 persen.
  
 " Inflasi di Babel saat ini sangat rendah 3,13 persen, bahkan lebih rendah dari inflasi nasional yang mencapai 3,31 dan mencapai target pemerintah yang mematok tingkat inflasi maksimal 4,1 persen," jelasnya.
    
Bayu mengatakan, pecapaian yang fenomenal ini merupakan merupakan pencapaian inflasi terendah dalam 8 tahun terakhir, sehingga Ia berharap kedepan ini dapat tetap bertahan.
    
" Ini merupakan momen yang baik pertama telah memberikan motivasi bagi TPID dan satgas Pangan bahwasanya tingkat Inflasi rendah telah tercapai sehingga ini motivasi untuk kedepan lebih baik karna tantangan kedepan lebih besar," jelasnya.
    
Ia Menjelaskan, dengan tercapai nya target inflasi ditahun 2017  tentu nya ditahun ini tarhet yang dipasang akan semakin berat, oleh karena nya kita perlu memperisiapkannya.
    
"Untuk tahun ini pemerintah menargetkan 3,5 persen +- 1 persen, artinya lebih berat jika dibandingkan sebelum nya diangka 4 persen +- 1 persen, apalagi adanya kenaikan beberapa komodoti seperti beras, daging ayam ,cabe dan sebagainya, yang menanti untuk diselesiakan," imbuhnya.
    
Lebih jauh Bayu meminta segenap instansi terkait untuk berbenah ,karena kendala utama adalah berkenaan dengan masalah struktural.
    
"Problemnya itu berkenaan dengan struktural, produksi, distribusi tata niaga, informasi data, kelembagaan dan perilaku konsumen ,jika itu dapat diselesaikan baru lah target inflasi rendah dapat tercapai," ungkapnya.
    
Oleh karenanya, Bayu mengaskan kita perlu meningkatkan kemudahan akses ke Bangka belitung. " Kita perlu memastikan bahwa daerah yg menghasilkan pangan untuk Bangka Belitung mobilitas barang nya dapat lancar, memudahkan pemindahan komoditas itu ke kita dengan lancar, stok yg cukup terhadap komoditas tersebut, dan mendistribusikan ke konsumen dengan harga yang wajar," tandasnya. (dik)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Pol PP Bongkar Lapak Pedagang Duren
Pol PP Bongkar Lapak Pedagang Duren
Kamis, 12/07/2018 13:17 WIB
PANGKALPINANG - Satuan Pol PP Kota Pangkalpinang mulai melakukan razia penjual durian musiman yang banyak berjualan di bahu jalan kota
Ide Gubernur Erzaldi Dapat Apresiasi dari Kanwil Kemenkumham Babel
Ide Gubernur Erzaldi Dapat Apresiasi dari Kanwil Kemenkumham Babel
Selasa, 10/07/2018 15:01 WIB
PANGKALPINANG - Wacana Pelaksanaan Proses Asimilasi bagi Narapidana Khusus Narkoba yang merupakan ide Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman
Kemensos Dukung Langkah Pemprov Babel
Kemensos Dukung Langkah Pemprov Babel
Selasa, 10/07/2018 13:35 WIB
PANGKALPINANG - Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas (RSPD) Kementerian Sosial, Rachmat Koesnadi sangat mendukung langkah Pemprov Babel untuk mengakomodir para
PT Vitrama Properti Serap 80 Persen Karyawan Lokal
PT Vitrama Properti Serap 80 Persen Karyawan Lokal
Selasa, 10/07/2018 13:15 WIB
PANGKALPINANG - Saat ini PT. Vitrama Properti memperkerjakan hampir 100 orang karyawan dengan komposisi 80 persen warga lokal, dimana 33