Gubernur Erzaldi : Pinjaman Untuk Mempercepat Pembangunan, Ini Hal Biasa


PANGKALPINANG -  Gubernur Babel, Erzaldi Rosman kembali menegaskan rencana Pemprov mengajukan pinjaman dana Rp126,5 miliar kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) , bertujuan untuk mempercepat roda pembangunan di Negeri Serumpun Sebalai. 

"Pinjaman ini dilakukan dalam rangka percepatan pembangunan. Namun demikian, untuk pinjaman ini kita harus melalui prosedur dan ini harus atas izin  DPRD," ujar Gubernur kepada wartawan,  Rabu (10/10).

Dikatakan Erzaldi, pihaknya telah menjelaskan manfaat dari pinjaman tersebut kepada DPRD Babel, dan dirinya mengangap pinjaman seperti ini merupakan hal yang biasa dilakukan pemerintah daerah.

"Nah, kita sudah menjelaskan DPRD apa kegunaan dari pada pinjaman kita ini dan memang harus melakukan prosedurnya seperti itu. Ini hal yang biasa kok, sudah banyak dilakukan oleh pemerintah dimanapun. Jawa Timur yang mampu aja masih melakukan pinjaman dan ingat ini untuk percepatan pembangunan bukan bararti ketidakmampuan daerah,"tegas Erzaldi.

Dijelaskan pula oleh Erzaldi, Babel sebenarnya mampu melakukan pembangunan tanpa melalui pinjaman, hanya saja melalui pinjaman ini pembangunan akan lebih cepat terlaksana.

"Ketidakmampuan daerah itu akan di implementasikan kepada kemampuan bayarnya. Ini hanya menarik cepat dan sebetulnya kita mampu, hanya saja ingin mempercepat pembangunan ini, itu saja. 126,5 M tersebut kita serahkan kepada DPRD nanti yang memang penting. Sisanya kita yakinkan lagi karena ini mutlak kalau mau cepat, " jelasnya.

Kembali ditegaskan Erzaldi, untuk proses pembayaran pinjaman tersebut berdasarkan dari bagi hasil yang sudah di asumsikan. Jika sudah di setujui DPRD, pihaknya akan menghubungi lembaga dan pelaksana kegiatan. 

"Yang kita pinjam ini kan melalui lembaga pemerintah keuangan. Itu di sarankan pemerintah melalui lembaga itu, mengenai bunga dan segala macam itu sudah di tetapkan oleh pemerintah. Nah, pembayarannya berdasarkan dari pagu hasil yang sudah di asumsikan beberapa dan tentunya nanti lembaga itu memberikan pinjaman ini juga akan melihat struktur keuangan kita seperti apa. "

"Setelah ada persetujuan dari DPRD kita akan menghubungi lembaga dan kemudian menghubungi pelaksana kegiatan. Bagaimana kemampuan mereka segala macam dan tentunya nanti lembaga ini juga yang akan menyarankan siapa nanti pemenang  dari kegiatan ini dan itu kita serahkan kepada mekanisme, "jelasnya.

Sebelumnya, Seketaria Komisi I DPRD Babel Mansah mengungkapkan daru hasil rapat pembahasan anggaran di komisi I memberikan rekomendasi kepada pihak eksekutif hanya Rp126,5 miliar.

Rekomendasi tersebut akan duberikan komisi I setelah melakukannpembahasan yang matang.

 “Sisanya yang Rp 320 miliar lebih itu tidak melalui SMI. Tapi rekomendasikan dengan cara pembiayaan dari investor. Teknisnya nanti seperti lelang proyek,”ujar Mansah, Selasa (9/10).

Ditegaskan Mansah, untuk pinjaman dana sebesar Rp126,5 miliar proses pembayarannya akan dibebankan pada anggaran APBD Babel. Pembayaran sendiri sesuai aturan bungga yang telah ditetapkan PT SMI yakni sebesar 6,9 persen.

Begitu juga untuk dana Rp320 milair, dimana teknis proyek yang akan dibangundilelang kemudian pembayarannya dicicil oleh Pemprov.

“Jangka waktu pembayarannya harus sesuai dengan masa tugas gubernur dan tetap dibebankan kepada APBD. Cuma untuk disini ada biaya tambahan nilai 10 persen dari total proyek yang akan dibangun,” kata Mansahm seraya menambahkan untuk pembayaran pemerintah harus membayar 40 persen dansisanya baru dicicil setiap tahun. (nit/mon)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
TANGKAPAN BESAR BNN PROVINSI BABEL AMANKAN 1,2 KG SABU SENILAI RP1,5 MILIAR DARI TANGAN  4 TERSANGKA
TANGKAPAN BESAR BNN PROVINSI BABEL AMANKAN 1,2 KG SABU SENILAI RP1,5 MILIAR DARI TANGAN 4 TERSANGKA
Jum'at, 19/10/2018 18:23 WIB
PANGKALPINANG - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), pimpinan Brigjen Pol Nanan Hadianto berhasil mengamankan narkoba jenis
Widiatmoko : Mari Kita Dorong Percepatan Pemerataan Tekhnologi dan SDM
Widiatmoko : Mari Kita Dorong Percepatan Pemerataan Tekhnologi dan SDM
Jum'at, 19/10/2018 12:06 WIB
PANGKALPINANG - Ketua Asosiasi Dinas Komonikasi dan Informatika Provinsi se Indonesia, Hening Widiatmoko berharap adanya pemerataan bidang infrastuktur teknologi informasi
Amankan Pemilu 2019, 350 Personil Kodim 0413/BKA Disiagakan
Amankan Pemilu 2019, 350 Personil Kodim 0413/BKA Disiagakan
Jum'at, 19/10/2018 10:44 WIB
PANGKALPINANG - Sebanyak 350 personil Komando Distrik Militer (Kodim) 0413/BKA telah disiagakan untuk membackup aparat kepolisian dalam upaya mengamakan Pemilu
Kementerian Pantau Pemanfaatan Bansapras Hibah
Kementerian Pantau Pemanfaatan Bansapras Hibah
Selasa, 16/10/2018 12:00 WIB
PANGKALPINANG - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melaksanakan pemantauan terhadap pemanfaatan bantuan sarana dan prasarana (bansapras) yang diberikan oleh KKP