Kapal Muatan 3 Ton Beras Bulog Tengelam di Perairan Tajung Gibang


Kapal Muatan 3 Ton Beras Bulog Tengelam di Perairan Tajung Gibang


LEPARPONGOK - Kapal Motor (KM) bermuatan 3 ton beras bulog di nahkodai  Darmawan warga desa Tanjung Sekar, tengelam di perairan Tanjung Gibang, kecamatan Leparpongok, kabupaten Bangka Selatan (Basel), Rabu (8/8) sekitar pukul 17.00 WIB, kemarin.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, pasalnya, nahkoda kapal motor berhasil menyelamatkan diri dengan cara berenang ke desa Panatuk dengan  mengunakan penutup fiber. Namun kerugiat matrial akibat pristiwa ini diperkirakan lebih dari seratus juta rupiah.

Informasi yang diterima dari Posmat TNI Toboali, kapal tanpa nama ini mulai berlayar dari Sadai menuju pelabuhan Tanjung Sangkar. Namun, hingga pukul 22.30 WIB, kapal  yang ditunggu oleh pemerintah setempat tak kunjung datang.

Camat Leparpongok, Dodi Kusuma yang mendapatkan informasi awal kapal tengelam, langsung  menghubungi ke Posmat TNI AL Sadai, yang kemudian diteruskan ke Pos TNI AL Toboali dan Sat Pol Air, Polres Basel, dibantu nelayan langsung melakukan penyisiran. 

"Benar, kita mendapat informasi dari Camat Leparpongok Dodi Kusuma bahwa kapal membawa beras ke pelabuhan Tanjung Sangkar tenggelam diperairan Tanjung Gibang Pulau Lepar,"tegas Danposmat TNI AL Toboali, Letda Syamsudin, dikonfirmasi wartawan Kamis (9/8).

Menindaklanjuti informasi tersebut, tim gabungan TNI AL dan Sat Pol Air di bantu nelayan langsung melakukan pencarian disekitar lokasi. Sekitar pukul 23.00 WIB, barulah kapal tersebut berhasil ditemukan dalam posisi tenggelam diperairan Tanjung Gibang, namun saat ditemukannya kapal itu, nahkoda kapal belum ditemukan.

"Setelah ditemukannya kapal tersebut kemudian anggota gabungan terus melanjutkan pencarian terhadap nahkoda kapal. Sekitar pukul 00.30 WIB anggota gabungan mendapat informasi dari saudaranya nahkoda, bahwa Darmawan (nahkoda) sudah ditemukan dalam keadaan selamat di Desa Penutuk Kecamatan Leparpongok sehingga pencarian dari semua unsur dihentikan," ujar Syamsudin. (bim)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Bawaslu Basel & Penyuluh KB Gelar Pendidikan Pemilu Bagi Para Ibu
Bawaslu Basel & Penyuluh KB Gelar Pendidikan Pemilu Bagi Para Ibu
Minggu, 21/10/2018 23:01 WIB
TOBOALI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) libatkan Penyuluh Keluarga Berencana (KB) se- Kabupaten Basel dalam
Bos Timah Bukong Nekat Garap Lahan PT Timah Meski Tak Kantongi Izin
Bos Timah Bukong Nekat Garap Lahan PT Timah Meski Tak Kantongi Izin
Minggu, 21/10/2018 20:55 WIB
TOBOALI - Bos timah besar asal Kabupaten Bangka Selatan, Bukong warga Simpang Ampera, Toboali nekat mengarap lahan PT Timah meskipun
BUKONG JADIKAN LAHAN PEMKAB BASEL  LOKASI TAMBANG,  POL PP MINTA SEGERA TIMBUN KEMBALI
BUKONG JADIKAN LAHAN PEMKAB BASEL LOKASI TAMBANG, POL PP MINTA SEGERA TIMBUN KEMBALI
Sabtu, 20/10/2018 13:44 WIB
TOBOALI - Aktivitas tambang ilegal milik Bukong di belakang perkantoran Pemkab Basel ditertibkan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (
PT Timah Buka Akses Jalan, Masyarakat : Pompong is Goodbye
PT Timah Buka Akses Jalan, Masyarakat : Pompong is Goodbye
Jum'at, 19/10/2018 11:21 WIB
BASEL - Begitu bahagianya warga Dusun Pengkalen Batu, Desa Ranggung, Kecamatan Payung, Kabupaten Bangka Selatan. Sebab, kini mereka tak perlu