Ini Rencana Koalisi 'Gemuk' PDIP


Ini Rencana Koalisi 'Gemuk' PDIP

TANJUNGPANDAN - Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan berencana membuka koalisi dengan partai lain di pertarungan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) Bupati dan Wakil Bupati Belitung 2018 mendatang.

Ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Belitung Taufik Rizani mengatakan, pihaknya membuka diri kepada siapapun partai yang memiliki kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), untuk berkoalisi.

Kabarnya, sejumlah partai seperti Nasdem, PKB, Hanura, PPP akan berkoalisi dengan PDI Perjuang di pertarungan Pilkada Belitung 2018 mendatang. Namun, untuk partai yang sudah mengajukan koalisi itu adalah Partai Demokrat.

Menurut Taufik, dirinya belum bisa berkomentar mengenai hal itu. Katanya, saat ini masih tahapan seleksi. Seperti beberapa waktu lalu menyampaikan visi misi di Dewan Pimpin Pusat (DPP) di Jakarta.

Saat ini, ada beberapa nama terkenal di panggung sandiwara politik Belitung, di antaranya, Taufik Rizani, Taufik Mardim, Junaidi Rahman, Hellyana, Faizal Madani, serta Nazalius.

"Rencana pada bulan November, kita akan mengumumkan siapa bakal calon yang akan diusung PDI Perjuangan, di Pemilukada Belitung 2018 mendatang," kata Taufik Rizani, kepada Belitong Ekspres, Sabtu (16/9) akhir pekan lalu.

Wakil Ketua 1 Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Demokrat Bangka Belitung Niko Plamonia mengakui partainya sudah menjalin komunikasi dengan PDI Perjuangan, di Pemilukada 2018 mendatang. 

"Kita sudah ada pembicaraan khusus dengan PDI Perjuangan. Itu untuk koalasi partai," ujar Niko sembari mengatakan pihaknya akan menjalin komunikasi dengan partai lain, di antaranya PPP dan PKB.

Terpisah, Devisi SDM dan Partisipasi Mayarakat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung belitung Yudi Arianto S,IKom mengatakan, masih ada waktu untuk partai memilih dan menjaring calonnya sebelum pendaftaran pasangan calon awal Januari 2018 mendatang.

"Pada Bulan November, partai menyerahkan syarat dukungan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Belitung, kepada KPU Belitung,"kata Yudi, kepada Belitong Ekspres.

"Awal tahun 2018, pendaftaran calon yang akan diusung partai. Setelah itu, penetapan pasangan calon akan diumumkan 12 Februari 2018. Dan, pengundian pasangan nomor urut calon, pada 12 Februari 2018," tandasnya. (kin)





Berikan Komentar

Demokrasi Lainnya
PDIP Sudah Tahu Siapa Cawapres Jokowi
PDIP Sudah Tahu Siapa Cawapres Jokowi
Selasa, 10/07/2018 11:45 WIB
JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira mengaku pihaknya sudah tahu siapa nama bakal calon wakil presiden (cawapres)
Prabowo Diprediksi Tak Nyapres Gara-Gara Bokek
Prabowo Diprediksi Tak Nyapres Gara-Gara Bokek
Jum'at, 06/07/2018 14:59 WIB
JAKARTA - Peneliti Senior LIPI Syamsudin Haris meyakini Prabowo Subianto tidak akan maju sebagai calon presiden pada pemilu tahun depan.
KPU-Bawaslu Sepakat, Eks Napi Korupsi Bisa Nyaleg
KPU-Bawaslu Sepakat, Eks Napi Korupsi Bisa Nyaleg
Jum'at, 06/07/2018 14:56 WIB
JAKARTA - Para eks narapidana kasus korupsi, narkotika dan kejahatan anak tetap bisa mendaftarkan diri sebagai calon anggota legislatif (caleg)
Kotak Kosong Menang, Kapan Pilkada Kota Makassar Diulang?
Kotak Kosong Menang, Kapan Pilkada Kota Makassar Diulang?
Senin, 02/07/2018 12:54 WIB
Berdasar quick count Pilkada Kota Makassar, kotak kosong mengalahkan calon tunggal yakni pasangan calon Munafri Arifuddin - Andi Rachmatika Dewi