Ini Rencana Koalisi 'Gemuk' PDIP


Ini Rencana Koalisi 'Gemuk' PDIP

TANJUNGPANDAN - Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan berencana membuka koalisi dengan partai lain di pertarungan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) Bupati dan Wakil Bupati Belitung 2018 mendatang.

Ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Belitung Taufik Rizani mengatakan, pihaknya membuka diri kepada siapapun partai yang memiliki kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), untuk berkoalisi.

Kabarnya, sejumlah partai seperti Nasdem, PKB, Hanura, PPP akan berkoalisi dengan PDI Perjuang di pertarungan Pilkada Belitung 2018 mendatang. Namun, untuk partai yang sudah mengajukan koalisi itu adalah Partai Demokrat.

Menurut Taufik, dirinya belum bisa berkomentar mengenai hal itu. Katanya, saat ini masih tahapan seleksi. Seperti beberapa waktu lalu menyampaikan visi misi di Dewan Pimpin Pusat (DPP) di Jakarta.

Saat ini, ada beberapa nama terkenal di panggung sandiwara politik Belitung, di antaranya, Taufik Rizani, Taufik Mardim, Junaidi Rahman, Hellyana, Faizal Madani, serta Nazalius.

"Rencana pada bulan November, kita akan mengumumkan siapa bakal calon yang akan diusung PDI Perjuangan, di Pemilukada Belitung 2018 mendatang," kata Taufik Rizani, kepada Belitong Ekspres, Sabtu (16/9) akhir pekan lalu.

Wakil Ketua 1 Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Demokrat Bangka Belitung Niko Plamonia mengakui partainya sudah menjalin komunikasi dengan PDI Perjuangan, di Pemilukada 2018 mendatang. 

"Kita sudah ada pembicaraan khusus dengan PDI Perjuangan. Itu untuk koalasi partai," ujar Niko sembari mengatakan pihaknya akan menjalin komunikasi dengan partai lain, di antaranya PPP dan PKB.

Terpisah, Devisi SDM dan Partisipasi Mayarakat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung belitung Yudi Arianto S,IKom mengatakan, masih ada waktu untuk partai memilih dan menjaring calonnya sebelum pendaftaran pasangan calon awal Januari 2018 mendatang.

"Pada Bulan November, partai menyerahkan syarat dukungan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Belitung, kepada KPU Belitung,"kata Yudi, kepada Belitong Ekspres.

"Awal tahun 2018, pendaftaran calon yang akan diusung partai. Setelah itu, penetapan pasangan calon akan diumumkan 12 Februari 2018. Dan, pengundian pasangan nomor urut calon, pada 12 Februari 2018," tandasnya. (kin)





Berikan Komentar

Demokrasi Lainnya
Saran Pengamat, 3 Tokoh Ini Jangan jadi Ketum Golkar
Saran Pengamat, 3 Tokoh Ini Jangan jadi Ketum Golkar
Selasa, 21/11/2017 00:39 WIB
JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Indonesia Ari Junaidi menilai, kurang bijak jika Partai Golkar mempercayakan kursi ketua umum pada
Mereka yang Bergembira Papa Novanto Dijerat KPK
Mereka yang Bergembira Papa Novanto Dijerat KPK
Selasa, 21/11/2017 00:06 WIB
JAKARTA - Sebagian keluarga besar Golkar diyakini senang dengan langkah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berhasil menahan Setya Novanto. Terutama kader
Jika Setnov Lengser, Bagimana Peluang Anies Maju Pilpres?
Jika Setnov Lengser, Bagimana Peluang Anies Maju Pilpres?
Minggu, 19/11/2017 18:53 WIB
JAKARTA - Peluang Anies Baswedan maju sebagai calon presiden berpasangan dengan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, sepertinya sangat tipis.
Jika Sosok Ini Gantikan Setnov, Golkar Tetap Dukung Jokowi
Jika Sosok Ini Gantikan Setnov, Golkar Tetap Dukung Jokowi
Minggu, 19/11/2017 18:51 WIB
JAKARTA - Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto sudah berstatus tahanan KPK, dalam perkara korupsi proyek e-KTP.