Empat Paslon Walikota Jalani Tes Kesehatan


Empat Paslon Walikota Jalani Tes Kesehatan

JAKARTA- Empat pasangan bakal calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota Pangkalpinang menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto Jakarta, Jumat (12/1), kemarin.

Mereka adalah Maulan Aklil-Muhammad Sopian, Saparudin-Edison Taher, Endang Kusumawaty-Ismiryadi dan Rinaldi Abdullah-Sarjulianto. 

Komisioner KPU Pangkalpinang, Wahyu Gusna mengatakan, jika di Babel belum memiliki rumah sakit tipe A. Maka itu, KPU Pangkalpinang dalam hal ini bekerjasama dengan RSPAD Gatot Subroto Jakarta.

“Ada peraturan KPU yang menentukan harus RS tipe A. Kalau Babel kan belum ada,” ujarnya kepada wartawan, kemarin.
Mengacu Peraturan KPU Nomor 15/2017, RSPAD Gatot Subrotod dianggap siap dan berpengalaman. Beberapa pilkada sebelumnya, rumah sakit tersebut juga menjadi rujukan untuk pemeriksaan kesehatan bagi pasangan calon.
“Hasil pemeriksaan diplenokan tim dokter, dan kami hanya menerima hasilnya. Jadi ini sangat netral,” katanya.
Dalam perjalanannya, seluruh pasangan calon menjalani pemeriksaan kesehatan selama dua hari, terhitung dari 12 sampai 13 Januari 2018.

Sedangkan untuk biaya pemeriksaan yang dibayarkan KPU Pangkalpinang bervariasi. Adapun untuk perempuan Rp 15,7 juta, sementara laki-laki Rp 15,1 juta. 

Tak hanya empat balon walikota dan wakil walikota Pangkalpinang saja, dihari yang sama tiga balon bupati dan balon wakil bupati  Bangka juga menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto Jakarta.

Ketiga pasangan yakni, H Tarmizi Saat - Amri Cahyadi, Mulkan - Syahbudin dan Danial - Fadillah.
Ketua KPUD Bangka Zulkarnaen menjelaskan pemeriksaan dilakukan selama dua," Tes kesehatan dan kejiwaan,"katanya.
Menurutnya,  KPUD dalam hal ini hanya mengantarakan pasangan ke RSPAD, selain itu menjadi tangung jawab tim dokter. " Sebelum menjalani tes kesehatan pasangan bakal calon diminta untuk berpuasa. Termasuk tidak mengeluarkan air seni pada paginya," ungkapnya.(wah/and/rul)





Berikan Komentar

Demokrasi Lainnya
Soal Radar Bogor, Megawati Keluarkan Tiga Maklumat
Soal Radar Bogor, Megawati Keluarkan Tiga Maklumat
Senin, 04/06/2018 08:15 WIB
JAKARTA - Kader dan simpatisan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menggeruduk kantor Radar Bogor beberapa waktu lalu. ‎Mereka tidak segan-segan
Duet Jokowi-Prabowo Tidak Cocok
Duet Jokowi-Prabowo Tidak Cocok
Kamis, 26/04/2018 14:54 WIB
JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menyatakan wacana duet Presiden Joko Widodo dengan Ketua Umum Partai Gerindra
Pilpres 2019 Jangan Dua Putaran, Utang LN Sangat Bersar
Pilpres 2019 Jangan Dua Putaran, Utang LN Sangat Bersar
Kamis, 26/04/2018 14:52 WIB
JAKARTA - Pengamat komunikasi politik Emrus Sihombing menilai ada dua persoalan besar bila Pilpres 2019 berlangsung dua putaran. Pertama, bakal
Anies Diramal jadi Juru Selamat Negeri
Anies Diramal jadi Juru Selamat Negeri
Kamis, 26/04/2018 14:51 WIB
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku tidak tersanjung atas pernyataan politikus senior PAN Amien Rais, yang menyebut dia