Empat Paslon Walikota Jalani Tes Kesehatan


Empat Paslon Walikota Jalani Tes Kesehatan

JAKARTA- Empat pasangan bakal calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota Pangkalpinang menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto Jakarta, Jumat (12/1), kemarin.

Mereka adalah Maulan Aklil-Muhammad Sopian, Saparudin-Edison Taher, Endang Kusumawaty-Ismiryadi dan Rinaldi Abdullah-Sarjulianto. 

Komisioner KPU Pangkalpinang, Wahyu Gusna mengatakan, jika di Babel belum memiliki rumah sakit tipe A. Maka itu, KPU Pangkalpinang dalam hal ini bekerjasama dengan RSPAD Gatot Subroto Jakarta.

“Ada peraturan KPU yang menentukan harus RS tipe A. Kalau Babel kan belum ada,” ujarnya kepada wartawan, kemarin.
Mengacu Peraturan KPU Nomor 15/2017, RSPAD Gatot Subrotod dianggap siap dan berpengalaman. Beberapa pilkada sebelumnya, rumah sakit tersebut juga menjadi rujukan untuk pemeriksaan kesehatan bagi pasangan calon.
“Hasil pemeriksaan diplenokan tim dokter, dan kami hanya menerima hasilnya. Jadi ini sangat netral,” katanya.
Dalam perjalanannya, seluruh pasangan calon menjalani pemeriksaan kesehatan selama dua hari, terhitung dari 12 sampai 13 Januari 2018.

Sedangkan untuk biaya pemeriksaan yang dibayarkan KPU Pangkalpinang bervariasi. Adapun untuk perempuan Rp 15,7 juta, sementara laki-laki Rp 15,1 juta. 

Tak hanya empat balon walikota dan wakil walikota Pangkalpinang saja, dihari yang sama tiga balon bupati dan balon wakil bupati  Bangka juga menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto Jakarta.

Ketiga pasangan yakni, H Tarmizi Saat - Amri Cahyadi, Mulkan - Syahbudin dan Danial - Fadillah.
Ketua KPUD Bangka Zulkarnaen menjelaskan pemeriksaan dilakukan selama dua," Tes kesehatan dan kejiwaan,"katanya.
Menurutnya,  KPUD dalam hal ini hanya mengantarakan pasangan ke RSPAD, selain itu menjadi tangung jawab tim dokter. " Sebelum menjalani tes kesehatan pasangan bakal calon diminta untuk berpuasa. Termasuk tidak mengeluarkan air seni pada paginya," ungkapnya.(wah/and/rul)





Berikan Komentar

Demokrasi Lainnya
Pembekalan Caleg PDIP Babel, Rudianto Tjen: Kita Kompak Agar Kita Menang di Pilpres 2019
Pembekalan Caleg PDIP Babel, Rudianto Tjen: Kita Kompak Agar Kita Menang di Pilpres 2019
Sabtu, 11/08/2018 19:30 WIB
PANGKALAN BARU, BANGKA TENGAH - Partai PDI Perjuangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengadakan Pembekalan kepada ratusan Calon Legislatif Pada Pemilu
PDIP Sudah Tahu Siapa Cawapres Jokowi
PDIP Sudah Tahu Siapa Cawapres Jokowi
Selasa, 10/07/2018 11:45 WIB
JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira mengaku pihaknya sudah tahu siapa nama bakal calon wakil presiden (cawapres)
Prabowo Diprediksi Tak Nyapres Gara-Gara Bokek
Prabowo Diprediksi Tak Nyapres Gara-Gara Bokek
Jum'at, 06/07/2018 14:59 WIB
JAKARTA - Peneliti Senior LIPI Syamsudin Haris meyakini Prabowo Subianto tidak akan maju sebagai calon presiden pada pemilu tahun depan.
KPU-Bawaslu Sepakat, Eks Napi Korupsi Bisa Nyaleg
KPU-Bawaslu Sepakat, Eks Napi Korupsi Bisa Nyaleg
Jum'at, 06/07/2018 14:56 WIB
JAKARTA - Para eks narapidana kasus korupsi, narkotika dan kejahatan anak tetap bisa mendaftarkan diri sebagai calon anggota legislatif (caleg)