Bisa Jadi Jokowi Tarik Agum dan Moeldoko untuk Hadang Gatot


Bisa Jadi Jokowi Tarik Agum dan Moeldoko untuk Hadang Gatot

JAKARTA - Sejumlah spekulasi bermunculan menyikapi langkah Presiden Joko Widodo menarik dua pensiunan TNI berpangkat jenderal ke lingkaran dekatnya. Yakni Jenderal (Purn) Agum Gumelar dan Jenderal (Purn) Moeldoko.

Agum yang juga ketua umum Pusat Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI dan Polri (Pepabri) masuk ke istana sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Sedangkan Moeldoko yang lengser dari posisi Panglima TNI pada 8 Juli 2015 masuk istana sebagai Kepala Staf Presiden (KSP) menggantikan Teten Masduki.

Praktis, kini ada empat jenderal senior di lingkaran dekat presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu. Selain Agum dan Moeldoko, ada pula Jenderal (Purn) Luhut B Pandjaitan dan Jenderal (Purn) AM Hendropriyono.

Salah satu analisis yang muncul menyebut masuknya Agum dan Moeldokoke barisan pendukung Presiden Jokowi adalah untuk mengantisipasi jika mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo maju di Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. Sebab, beberapa waktu lalu nama Gatot cukup santer digadang-gadang untuk menjadi calon presiden.

Menurut pengamat politik Boni Hargens, spekulasi tersebut cukup masuk akal. Namun, Boni menduga masuknya Agum dan Moeldoko bukan hanya untuk mengantisipasi kemungkinan munculnya Gatot.

"Saya kira masih banyak nama jenderal lain yang mungkin akan bergerak dalam Pemilihan Presiden 2019. Seperti Pak Prabowo Subianto, Pak Edy Rahmayadi dan sebagian purnawirawan yang dekat dengan partai oposisi seperti PKS, PAN dan Gerindra," ujar Boni kepada JPNN, Jumat (19/1).

Boni meyakini Jokowi yang digadang-gadang maju kembali sebagai calon presiden di Pemilu 2019 tentu tidak tinggal diam menghadapi strategi yang telah disiapkan calon rivalnya. "Apa pun itu, Jokowi tentu mempersiapkan kuda-kuda, bagaimana menghadapi lawan yang tangguh di pilpres nanti," pungkas Boni.(gir/jpnn)





Berikan Komentar

Demokrasi Lainnya
Pembekalan Caleg PDIP Babel, Rudianto Tjen: Kita Kompak Agar Kita Menang di Pilpres 2019
Pembekalan Caleg PDIP Babel, Rudianto Tjen: Kita Kompak Agar Kita Menang di Pilpres 2019
Sabtu, 11/08/2018 19:30 WIB
PANGKALAN BARU, BANGKA TENGAH - Partai PDI Perjuangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengadakan Pembekalan kepada ratusan Calon Legislatif Pada Pemilu
PDIP Sudah Tahu Siapa Cawapres Jokowi
PDIP Sudah Tahu Siapa Cawapres Jokowi
Selasa, 10/07/2018 11:45 WIB
JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira mengaku pihaknya sudah tahu siapa nama bakal calon wakil presiden (cawapres)
Prabowo Diprediksi Tak Nyapres Gara-Gara Bokek
Prabowo Diprediksi Tak Nyapres Gara-Gara Bokek
Jum'at, 06/07/2018 14:59 WIB
JAKARTA - Peneliti Senior LIPI Syamsudin Haris meyakini Prabowo Subianto tidak akan maju sebagai calon presiden pada pemilu tahun depan.
KPU-Bawaslu Sepakat, Eks Napi Korupsi Bisa Nyaleg
KPU-Bawaslu Sepakat, Eks Napi Korupsi Bisa Nyaleg
Jum'at, 06/07/2018 14:56 WIB
JAKARTA - Para eks narapidana kasus korupsi, narkotika dan kejahatan anak tetap bisa mendaftarkan diri sebagai calon anggota legislatif (caleg)