Ahok Sepertinya Tumbang Akibat Peran Nyata MCA


Ahok Sepertinya Tumbang Akibat Peran Nyata MCA

JAKARTA - Pengamat politik Boni Hargens mengaku tidak kaget dengan fakta kemunculan kelompok Muslim Cyber Army (MCA) yang berhasil dibongkar kepolisian beberapa waktu lalu.

Pasalnya, fenomena politik yang paling influensial sejak Pemilu 2014 adalah munculnya kelompok-kelompok politik yang amorfis dan anonim di media sosial.

Kelompok tersebut kerjanya hanya menyebarkan berita bohong, fitnah, dan kampanye hitam. Sasaran utama mereka Presiden Joko Widodo dan partai pendukung seperti PDI Perjuangan, NasDem, dan yang lain.

"Fenomena ini menguat secara dramatis dan sangat signifikan menjelang Pilkada DKI Jakarta 2017. Basuki Tjahaja Purnama yang ketika itu menjadi petahana dengan elektabilitas paling tinggi, diserang dari berbagai sisi," ujar Boni kepada JPNN.com, Rabu (14/3).

Mantan Bupati Belitung Timur yang akrab disapa Ahok tersebut akhirnya tumbang. Bukan hanya tak terpilih kembali sebagai Gubernur DKI Jakarta, Ahok bahkan harus mendekam dalam tahanan.

"Pola yang sama kemudian menjadi strategi jitu yang kemudian digunakan di daerah lain. Ini yang saya bilang butterfly effect, efek kupu-kupu dari Pilkada Jakarta 2017," ucapnya.

Setelah berhasil menumbangkan Ahok, gerakan kelompok-kelompok tersebut kata Boni, kemudian makin liar.

Mereka semakin kreatif menciptakan isu-isu palsu seperti PKI, Anti Islam, gelombang imigran Cina, dan sebagainya.

Untung menjelang Pemilu 2019, Polri bersama BIN dan TNI akhirnya melakukan respons serius. Saracen tertangkap, lalu yang terakhir MCA.

Kemudian publik sadar bahwa gerakan yang dirancang bukan suara rakyat yang sejati.

"Karena itu, penangkapan kelompok MCA sangat positif untuk menjaga demokrasi dan keberlangsungan Pilkada 2018 dan Pilpres/Pemilu 2019," pungkas Boni.(gir/jpnn)





Berikan Komentar

Demokrasi Lainnya
DPD PDIP Babel Gelar Silaturrahmi
DPD PDIP Babel Gelar Silaturrahmi
Senin, 23/04/2018 11:02 WIB
PANGKALPINANG - Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Bangka Belitung (Babel) menggelar silahtuhrahmi dengan ratusan tokoh senior PDI Perjuangan
KPU Polisikan Perusak Baliho Pilgub Jatim
KPU Polisikan Perusak Baliho Pilgub Jatim
Senin, 23/04/2018 11:01 WIB
SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo, Jawa Timur mengancam akan melaporkan orang-orang yang merusak alat peraga kampanye (APK) ke
Kepentingan Tak Terakomodir, Koalisi Jokowi Langsung Bubar
Kepentingan Tak Terakomodir, Koalisi Jokowi Langsung Bubar
Senin, 23/04/2018 10:59 WIB
KOALISI parpol pendukung Joko Widodo bisa terancam bubar menjelang Pilpres digelar. Kondisi ini biasanya terjadi jika ada kepentingan salah satu
Partai Allah Vs Partai Setan, Yusril: Itu Sah Saja
Partai Allah Vs Partai Setan, Yusril: Itu Sah Saja
Selasa, 17/04/2018 09:15 WIB
JAKARTA - Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra menilai ucapan politikus PAN Amien Rais soal partai Allah dan partai