Pemprov Babel Gelar Pameran Pendidikan Tinggi


Pemprov Babel Gelar Pameran Pendidikan Tinggi

PANGKALANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melalui Dinas Pendidikan Babel bekerjasama dengan Hsing Wu University Taiwan menggelar Pameran Pendidikan Tinggi (Education Higher Fair).

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari 27-28 Maret 2018 di Hotel Novotel Banga, Pangkalanbaru Kabupaten Bangka Tengah.

Hadir dalam acara Pembukaan Pameran Pendidikan Tinggi itu, Gubernur Babel Erzaldi Rosman diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Pemprov Babel Haryoso. Selain itu, juga hadir Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, jajaran dari Perguruan Tinggi Negeri di Babel, para siswa kelas 3 SMA, SMA, MAN se-Bangka.

Gubernur Babel dalam sambutannya yang disampaikan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Pemprov Babel Haryoso mengatakan, Pemprov memiliki program prioritas dengan menyediakan  beasiswa kepada mahasiswa yang tidak mampu untuk mengikuti pendidikan ke luar negeri.

Pemprov Babel, disampaikan Haryoso, telah menjalin kerjasama ke beberapa perguruan tinggi negeri di Babel, luar Babel maupun luar negeri. Jalinan kerjasama yang dilakukan, dikatakannya, dalam rangka memfasilitasi calon mahasiswa yang ada di Babel untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi, dalam hal ini kerjasama dengan 31 Universitas di Taiwan.

"Melalui program scholarship, Pemprov Babel telah mengirimkan 147 orang mahasiswa untuk mengenyam pendidikan di Taiwan," kutip Haryoso. Haryoso juga menyampaikan pesan kepada siswa di Babel yang hadir pada Pameran Pendidikan Tinggi yang digelar selama dua hari ini, untuk mencari informasi yang jelas, dan tetap atas rencana yang ingin diambil kelak apabila melanjutkan pendidikan ke universitas yang ada di Taiwan.

“Banyaknya mahasiswa dari Babel yang mengenyam pendidkan di luar negeri, tentu akan menambah pengetahuan dari putra-putri Babel itu sendiri, sekaligus turut membantu meningkatkan kuantitas maupun kualitas pendidikan di Babel,” imbuhnya.

Sementara itu, President of Hsing Wu University Chou Tsan Der mengatakan, Taiwan merupakan salah satu lokasi pendidikan yang diakui negara lain dari segi pendidikannya, dan lapangan pekerjaan yang ada juga menjanjikan.

Terkait dengan banyaknya calon mahasiswa dari Bangka yang Muslim, Chou mengatakan, di Universitas di Taiwan telah memiliki fasilitas Mushola, Restoran Halal, dan fasilitas pendukung lainnya.

Pada kesempatan yang sama Hari Purwanto, Staf Ahli Bidang Infrastruktur Kemenristekdikti mengungkapkan, dengan kerjasama yang dilakukan antara Indonesia dan Taiwan dibidang pendidikan akan menambah lulusan sarjana yang memiliki kompetensi lebih baik.

“Saat ini, Babel kekurangan sarjana-sarjana lulusan teknologi maupun manufaktur yang dapat bekerja di dunia industri. Dengan adanya kerjasama ini, akan meningkatkan kemampuan sarjana-sarjana lulusan dari Taiwan untuk bekerja di Indonesia, khususnya Babel,” ujarnya.

Sebagai tanda resmi dibukanya Pameran Pendidikan Tinggi kerjasama Pemprov Babel dengan Hsing Wu University Taiwan, dilakukan pemotongan pita secara bersamaan oleh Gubernur Babel yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Pemprov Babel, Hari Purwanto Staf Ahli Bidang Infrastruktur Kemenristekdikti, Kepala Dinas Pendidikan Babel M. Soleh dan Pimpinan Hsing Wu University Taiwan. (hms prov)





Berikan Komentar

Edukasi Lainnya
UNBK Kota Pangkalpinang Masih Terkendala Sistem
UNBK Kota Pangkalpinang Masih Terkendala Sistem
Selasa, 24/04/2018 13:23 WIB
PANGKALPINANG - Jaringan sibuk menjadi salah satu kendala yang dihadapai siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (Mts) dalam
Turun Ke Desa, Mahasiswa UBB Roadshow
Turun Ke Desa, Mahasiswa UBB Roadshow
Senin, 09/04/2018 09:16 WIB
BADAN Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Himpunan Mahasiswa Fakultas Hukum (Himahum) Fakultas Hukum (FH) Universitas Bangka Belitung (UBB) menggelar Roadshow Penyuluhan
Persiapan UNBK SMP Di Beltim Sudah 100 %
Persiapan UNBK SMP Di Beltim Sudah 100 %
Senin, 26/03/2018 05:07 WIB
MANGGAR - Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Timur (Beltim) memastikan persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP sederajat sudah sesuai
Neysa, Siswi SD Penderita Tumor Ganas Harapkan Bantuan
Neysa, Siswi SD Penderita Tumor Ganas Harapkan Bantuan
Selasa, 16/01/2018 15:10 WIB
Neysa, Siswi SD Penderita Tumor Ganas Harapkan Bantuan Berprestasi di Sekolah, Namun Lumpuh Kaki Kirinya Tetesan air mata seakan tak bisa