Inilah Natak Kampung Gubernur Erzaldi, Menyapa dan Membantu Rakyat Secara Langsung


Inilah Natak Kampung Gubernur Erzaldi, Menyapa dan Membantu Rakyat Secara Langsung

Kata Kunci Kerja Cepat Gubernur Erzaldi Adalah Cate

SEBAGAI  gubernur yang baik bukan hanya bertemu pejabat atau orang-orang penting di perkantoran setiap harinya. Namun juga di waktu senggangnya atau juga hari libur dimanfaatkan untuk bertatap muka langsung dengan rakyat meski sampai ke pelosok daerah. Beginilah yang dilakukan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman dalam perjalanan natak kampung ke kabupaten Bangka Selatan (Toboali). Dalam kesimpulan perjalanannya, program Cater (catat, telpon, lapor) menjadi pedoman. Catat apa yang menjadi persoalan masyarakat. Telepon kepala dinas yang menangani persoalan tersebut dan melapor langsung ke gubernur sejauh mana progres respon untuk penyelesaiannya.


WAHYU KURNIAWAN - TOBOALI

INI bukan lagi masa kampanye, tapi apa yang dilakukan Gubernur Erzaldi Rosman murni sekedar bertatap muka dengan rakyatnya secara langsung.  Jumat (2/3) dini hari sekira pukul 02.00 WIB, rombongan  Tim Komunasi Gubernur (TKG) melakukan natak kampung ke daerah Toboali Kabupaten Bangka Selatan. 

Agenda natak kampung di Toboali dimulai dari subuh berjamaah, gowes keliling kota Toboali, survei rumah yang akan dibedah dalam program rumah tidak layak huni. Kemudian dilanjutkan menuju Dusun Tambang 2 Desa Kepoh untuk mendengar aspirasi masyarakat terkait program TORA (Tanah Objek Reforma Agraria). Setelah itu kami melanjutkan perjalanan ke dermaga pulau tinggi untuk melihat Keramba Apung Budidaya ikan kerapu.

Perjalanan kali ini dengan mengikutsertakan kawan-kawan wartawan. Ada bang Eer dari Babel Pos, Bang Dedi Rakyat Pos, Bang Aston dari TVRI dan saya sendiri dari Radar Bangka.

Kawan-Kawan wartawan menikmati dan mengagumi bagaimana rasanya satu hari bersama Gubernur Erzaldi. Dan satu kalimat keluar secara sepakat dari mulut mereka: deg asi leteh gubernur ne ! (tidak pernah lelah gubernur kita ini). 

Sekitar pukul 04.30 WIB Gubernur bersama rombongan memasuki masjid At Taubah yang berada di ruas Jalan Mayor Munzir, Toboali untuk melaksanakan salat Subuh berjamaah. Selanjutnya kegiatan bernuasa Islami ini diteruskan dengan kultum Subuh.
Usai melaksanakan rangkaian kegiatan keagamaan, seperti biasa Gubernur bersama rombongan berkeliling pemukiman penduduk menggunakan sepada. Gowes tersebut dijadwalkan dimulai sekitar pukul 05.51 WIB.

Terdapat beberapa titik pemberhentian Gowes di antaranya sekitar pukul 06.16 hingga 06.30 WIB rombongan ini mampir ke rumah Ketua FKDM Marzam untuk bersilaturahmi. Kemudian dilanjutkan ke lokasi pemberian bantuan rumah di Lalang Tunu RT 1.

Masih di tempat yang sama, Gubernur melihat dan memberi bantuan untuk bedah rumah. Tak hanya itu, sebab bantuan bedah rumah juga didapatkan salah seorang warga yang berada di Lalang Tunu RT 2. Kunjungan ke lokasi tersebut sekitar pukul 07.01 WIB.

Usai memberikan bantuan, sekitar pukul 07.31 gowes dilanjut menuju pasar Rawa Bangun, Toboali.

“Rombongan akan berhenti untuk coffe break di Kantor Koperasi Ohana Cipta Damai sekitar pukul 07.15 WIB,” kata Bambang Ari Satria Koordinator Tim Komunikasi Gubernur, subuh Jumat (2/3/2018).

Menggunakan mobil sedan Dinas BN 1 , kemudian Gubernur menuju ke Dusun Tambang 2 Desa Kepoh, namun tepat didepan jalan memasuki desa mobil yang ditumpangi Gubernur berhenti, kondisi jalan yang kurang baik membuat mantan bupati Bangka Tengah dua periode ini pidah ke mobil ajudan (doble cabin),  untuk bertemu masyarakat desa. Bersama warga setempat Gubernur membahas program TORA, karena masyarakat desa tambang 2 sedang mengajukan proses TORA pergantian status lahan desa dari HP beralih status menjadi APL.

Keinginan untuk berbincang dengan masyarakat masih terus dilakukan Gubernur Erzaldi. Sekitar pukul 08.16 WIB, dengan menggunakan mobil rombongan menuju Desa Pengaram Pulau Tinggi. Berada di lokasi itu, Gubernur melihat keramba jaring apung nelayan.

“Setelah itu, sekitar pukul 09.30 WIB, dengan menggunakan mobil rombongan menuju Toboali. Kemudian beristirahat di rumah warga di Toboali untuk persiapan salat Jumat di Masjid Al Munawar Kampung Padang,” jelas Bambang.
Pada moment bahagian itu, Natak Kampung Gubernur Kepulauan Bangka Belitung kali ini membawa berkah untuk Amanda, siswi kelas VI SDN 5 Toboali Bangka Selatan.

Amanda tidak menyangka, jika di pagi hari Jumat (2/3/2018) ini dirinya akan mendapatkan satu unit sepeda dari Gubernur Erzaldi Rosman. Tidak banyak yang dilakukan siswi kelas enam ini untuk mendapatkan hadiah dari Gubernur Babel. Hanya menjawab dengan tepat soal matematika yang ditanyakan Gubernur, Amanda pun berhak membawa pulang satu unit sepeda.

"Ya senang. Terimakasih Pak Gubernur," ucap Amanda gembira, sembari menyalami orang nomor satu di Babel ini. Kedatangan Gubernur Babel dan rombongan ke SDN 5 Toboali ni tidak masuk dalam agenda Natak Kampung Gubernur ke Toboali. Namun entah mengapa ketika sedang gowes usai sholat Subuh berjamaah di Masjid At Taubah, tiba-tiba Gubernur memberhentikan gowesnya dan kemudian memasuki halaman SDN 5 Toboali.

Tentunya kedatangan Gubernur yang tidak diduga-duga ini, mendapatkan sambutan hangat dari puluhan siswa dan siswi serta para guru SDN 5 Toboali. Saat bertemu puluhan murid inilah, Gubernur Erzaldi meminta para murid menjawab pertanyaan darinya. Bagi siswa atau siswi yang bisa menjawab mendapatkan hadiah satu unit sepeda. Dewi fortuna ternyata berpihak kepada Amanda, siswi berhijab ini.

"Kami tidak menyangka Pak Gubernur mampir ke sini. Kejadian ini mendadak, tetapi kami sangat senang. Apalagi ada siswi kami yang mendapatkan hadiah sepeda. Ini berkah bagi kami," ujar Bu Fit, salah satu guru SDN 5 Toboali. Sebelumnya, lewat program Natak Kampung, Gubernur Erzaldi bersama rombongan pejabat Pemprov Babel menggelar sholat Subuh Berjamaah di  Masjid At Taubah Jalan Mayor Munzir Toboali.

Usai berdialog dengan jamaah masjid, Gubernur melanjutkan Natak Kampung dengan gowes bersama komunitas sepeda menyusuri kota Toboali. jam menunjukkan pukul 11.05 WIB, perjalanan pulang menuju toboali untuk menunaikan ibadah jumat. Mata gubernur terpandang ke kiri, ada adik kecil dalam pelukan emak yang terbaring sakit. Dekat dan datang menyapa, apa kabar bik? saket apa nya anek ne? Mata gubernur melirik ke kami. Bang, telp pak mul (kepala dines kesehatan prov), segera bawa dokter untuk dicek sakit apa. Dengan serius kami jawab, aoklah bang gub.

Sembari pulang sambil nyetir bersama kawan-kawan wartawan, kami langsung telp pak mul agar petunjuk pak gub segera dilaksanakan. Kawan-Kawan wartawan heran, cepat ge respon og. Jam 17.50 ada WA masuk dr pak mul. Pesannya begini: lapor pak, pasien tadi sudah dikunjungi oleh dokter Ogi dan tim si jago merah. Usia pasien 9 th dgn global development delayed. Cacat permanent dan kondisi stabil. Yang bisa dilakukan adalah bantuan makanan. pasien sudah pernah ke puskesmas tirem saat Usia 2 th. Intinya kita siap kasih PMT (makanan tambahan). Kalau abis di puskes, dinkes siap support. Kata kunci kerja cepat gubernur Erzaldi adalah catat, telpon, lapor. Dan alhamdulillah berhasil, tidak sampai satu hari.

Sebagai catatan kenapa kita wajib memulai kegiatan dengan sholat Subuh berjamaah? Tanya Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, di hadapan lebih dari 100 jamaah subuh Masjid At Taubah Toboali Bangka Selatan, Jumat (2/3/2018).

"Agar setiap langkah dan aktivitas kita sepanjang hari ini lebih bersemangat dan senantiasa dalam Ridho Allah SWT," ujar Gubernur.  Ia mencontohkan negara yang sangat kuat mensyiarkan sholat Subuh berjamaah, diantaranya Turki dan Maroko. Menurut Gubernur, kedua negara ini bisa menjadi contoh bagaimana masyarakatnya memuliakan sholat Subuh berjamaah di masjid-masjid.

"Contohnya negara Maroko. Masyarakat Maroko makmur dan sejahtera. Ditambah lagi presidennya hafidz, sembilan menterinya hafidz. Ini membuktikan bahwa jika kita memuliakan sholat berjamaah dan memuliakan Al Quran, maka masyarakat di negara itu akan akan damai dan sejahtera," ujar Gubernur.

Gubernur Erzaldi mengajak jamaah Masjid At Taubah dan seluruh masyarakat Muslim se Bangka Belitung untuk mencontoh kebaikan yang dijalankan negara Maroko dan Turki.  Di bawah kepemimpinan Presiden Erdogan, anak anak muda berangkat sekolah dari masjid.
 
"Jika anak-anak muda kita di Babel ini sudah seperti itu, Masha Allah luar biasa. Saya yakin Bumi Serumpun Sebalai ini akan sejahtera," tegas Gubernur. Namun demikian, kata Gubernur, tidak terlambat bagi kita untuk memulai seperti yang dilakukan oleh dua negara tersebut.

Saat ini, ungkap Gubernur Erzaldi, Provinsi Bangka Belitung baru memulai menuju kebaikan dan memuliahkan sholat Subuh berjamah dan Maghrib mengaji. Karena itu, Gubernur mengajak seluruh komponen masyarakat dan para ustad serta alim ulama untuk bersinergi mengajak dan meneladani masyarakat agar mau sholat berjamaah di masjid-masjid.

"Segala sesuatu harus dimulai. Jangan terlalu lama berencana, mari kita mulai gerakan ini. Harus segera dimulai, misalnya membangun masjid, harus segera dimulai dari peletakan batu pertama. Lalu secara bertahap hingga berdiri Masjid yang megah. Tetapi jangan sampai masjidnya lah bagus, jamaahnya sedikit," jelas Gubernur.

Menurut Gubernur, jika kita membiasakan sholat Subuh, maka akan ada energi dan semangat yang tinggi dalam menjalani aktivitas sepanjang hari. Hidup ini, kata Gubernur, sudah diatur Allah SWT. Bagi hambanya yang rajin dan selalu melaksanakan sholat Subuh, maka ada energi khusus.

"Semangatnya beda. Jadikanlah Subuh berjamaah ini sebagai suatu kebiasaan dan suatu saat kita susul Turki," tukas Gubernur. (**)





Berikan Komentar

Features Lainnya
Kisah Agus, Sopir Truk yang Akhirnya Bertemu Presiden Jokowi
Kisah Agus, Sopir Truk yang Akhirnya Bertemu Presiden Jokowi
Rabu, 09/05/2018 08:02 WIB
Agus Yuda, seorang sopir truk, bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (8/5), setelah menempuh 729 kilometer selama 23
Gaji Rp 450 Ribu, Guru Honorer Semangat Kuliah S1
Gaji Rp 450 Ribu, Guru Honorer Semangat Kuliah S1
Senin, 07/05/2018 21:25 WIB
TANGSEL - Susandi, guru honorer SD Negeri Gunung Sari di Kabupaten Sukabumi, Jabar, tetap semangat menuntut ilmu dengan berkuliah lagi.
Suasana Haru Warnai Rapat Paripurna Istimewa HUT Kota Sungailiat
Suasana Haru Warnai Rapat Paripurna Istimewa HUT Kota Sungailiat
Minggu, 29/04/2018 21:59 WIB
Rapat Paripurna Istimewa HUT Kota Sungailiat, ke 252 berlangsung di gedung DPRD Bangka, secara tidak langsung memberikan pembelajaran bagi generasi
KEK Sungailiat Ditetapkan Tahun 2018
KEK Sungailiat Ditetapkan Tahun 2018
Jum'at, 20/04/2018 10:28 WIB
MENTERI PARIWISATA ARIEF YAHYA menandaskan sesudah mengunjungi KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Sungailiat Bangka, Jumat (13/4-2018) dalam jumpa pers di