Menlu Retno Kembali Ajak Dunia Bela Palestina


Menlu Retno Kembali Ajak Dunia Bela Palestina
Menlu Retno Marsudi. Foto: dok/JPNN.com

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi kembali mengajak negara-negara di dunia terus memberikan dukungan kepada Palestina. Ajakan itu juga masuk dalam materi pernyataan pers tahunan Kementerian Luar Negeri.

"Pada kesempatan baik ini Indoensia kembali menyerukan kepada negara dunia agar terus memberikan dukungan kepada Palestina," ucap Retno dalam jumpa pers awal tahun di kantor Kemenlu, Pejambon, Jakarta Pusat, Selasa (9/1).

Menteri kelahiran Semarang itu menuturkan, upaya Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengubah status quo internasional terhadap Yerusalem pada pengujung tahun lalu memang mengejutkan dunia. Namun dia bersyukur mayoritas anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tidak terpancing.

"Alhamdulillah, dunia merespons dengan cepat. Mayoritas negara dunia masih melihat isu Yerusalem secara jernih. Hal ini tercermin dari hasil voting Sidang Umum PBB pada 21 Desember 2017. Demokrasi harus dihormati dan dilaksanakan pada tatanan dunia," tuturnya.

Diplomat senior itu pun mengharapkan sikap mayoritas negara-negara anggota PBB menjadi panduan dunia untuk menyelesaikan isu Yerusalem. Dia menegaskan, sikap Indonesia mengenai Palestina termasuk Yerusalemsudah sangat jelas, tegas dan konsisten sesuai konstitusi.

"Diplomasi Indonesia akan terus berjuang untuk Palestina, demi kemanusiaan, demi keadilan. Dukungan Indoneia untuk Palestina tidak hanya secara politik, namun juga dukungan ekonomi dan kerja sama teknis. Sekali lagi Palestina ada di Jantung politik luar negeri Indonesia," pungkas Retno.(fat/jpnn)





Berikan Komentar

Internasional Lainnya
Pria Ini Dituding Jadi Biang Keladi Tutupnya Pemerintah AS
Pria Ini Dituding Jadi Biang Keladi Tutupnya Pemerintah AS
Minggu, 21/01/2018 10:19 WIB
WASHINGTON - Kubu Republik dan orang-orang Trump sudah memperkirakan shutdown bakal terjadi. Sebelum voting berlangsung, mereka menyatakan bersiap menyambut Schumer
Duh, Pemerintah Amerika Serikat Tutup Lagi
Duh, Pemerintah Amerika Serikat Tutup Lagi
Minggu, 21/01/2018 10:18 WIB
WASHINGTON - Seharusnya kemarin, Sabtu (20/1) menjadi hari yang membahagiakan bagi Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Dia bakal merayakan
Bejatnya Orang Tua Penyekap 13 Anak, Doyan Ngintip Juga
Bejatnya Orang Tua Penyekap 13 Anak, Doyan Ngintip Juga
Jum'at, 19/01/2018 22:06 WIB
CALIFORNIA - Sejak Rabu (17/1), polisi menyisir kediaman keluarga Turpin. Di situlah 13 anak kandung David Allen dan Louise Anna
 Lee Chong Wei dan Lin Dan Gugur
Lee Chong Wei dan Lin Dan Gugur
Kamis, 18/01/2018 15:38 WIB
KUALA LUMPUR - Kejutan terjadi di babak pertama nomor tunggal putra Malaysia Masters (Super 500). Pemain