Sering Duduk Seharian? Yuk Kurangi Risiko Sindrom Dengan Cara ini


Sering Duduk Seharian? Yuk Kurangi Risiko Sindrom Dengan Cara ini

OLAHRAGA secara teratur ternyata bisa mengurangi risiko sindrom metabolik pada orang-orang yang pekerjaannya hanya duduk saja. Hal ini menurut studi kecil dari Brasil.

"Jika Anda memiliki pekerjaan yang tidak membutuhkan gerakan fisik, terutama dalam posisi duduk selama berjam-jam, Anda harus berolahraga setidaknya 150 menit per minggu dalam intensitas sedang untuk mengurangi dampak buruk dari perilaku menetap di tempat kerja," kata peneliti, Eduardo Caldas Costa, seperti dilansir laman Lifescript, Rabu (23/8).

Perilaku menetap telah dikaitkan dengan peningkatan risiko sindrom metabolik, termasuk obesitas perut, tekanan darah tinggi dan kolesterol HDL baik yang rendah yang pada gilirannya, dikaitkan dengan peningkatan risiko pengembangan penyakit jantung dan tipe 2 diabetes.

Para peneliti juga menyelidiki apakah pekerja Angkatan Laut yang menghabiskan sekitar delapan jam sehari duduk, kebanyakan bertugas di bidang administrasi, memiliki risiko sindrom metabolik yang berbeda berdasarkan tingkat aktivitas mereka di luar pekerjaan.

Semua pekerja adalah laki-laki, berusia antara 26-42 tahun. Dari 502 pekerja yang termasuk dalam analisis akhir, 201 atau 40 persennya, tidak mencapai setidaknya 150 menit per minggu aktivitas moderat yang disarankan.

Hampir setengah, yakni sekitar 48 persen kelebihan berat badan dan hampir 19 persen mengalami obesitas.

Setelah disesuaikan dengan usia, waktu dalam pekerjaan, indeks massa tubuh (BMI) dan penggunaan tembakau, para periset menemukan pekerja yang menetap yang memenuhi rekomendasi aktivitas fisik hanya sekitar setengahnya memiliki sindrom metabolik, dibandingkan dengan mereka yang memiliki tingkat aktivitas lebih tinggi.

Pekerja dengan tingkat aktivitas yang lebih rendah juga cenderung mengalami obesitas perut, tekanan darah tinggi dan HDL rendah.

"Pekerja yang hanya menetap tetap harus bergerak sesering mungkin untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan metabolik," jelas Caldas Costa.

Terlibat dalam aktivitas fisik seperti aktivitas dalam rumah tangga dan menggunakan transportasi aktif yaitu, berjalan kaki dan atau bersepeda bisa mencegah timbulnya sindrom metabolik.

Penelitian ini diterbitkan dalam Journal of Occupational and Environmental Medicine.(fny/jpnn)





Berikan Komentar

Lifestyle Lainnya
Nangka, Si Manis yang Kaya Manfaat
Nangka, Si Manis yang Kaya Manfaat
Rabu, 20/09/2017 15:08 WIB
SIAPA yang tidak mengenal buah nangka. Buah yang satu ini pantas untuk dinikmati karena rasa manisnya dan juga segar.
Hati-hati! Kesepian Bisa Jadi Ancaman Kesehatan
Hati-hati! Kesepian Bisa Jadi Ancaman Kesehatan
Kamis, 07/09/2017 14:29 WIB
Semua orang pasti pernah mengalami kesepian dari waktu ke waktu. Namun sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa kesepian bisa menjadi ancaman
Cara ini Bisa Membuat Tidur Malam Anda Lebih Baik
Cara ini Bisa Membuat Tidur Malam Anda Lebih Baik
Kamis, 07/09/2017 14:27 WIB
Seberapa baik Anda tertidur di malam hari? Hal ini banyak kaitannya dengan bagaimana Anda menghabiskan waktu seharian. Selain itu kualitas
Jenis Kanker Ini Serang Pria Stres Kerja
Jenis Kanker Ini Serang Pria Stres Kerja
Jum'at, 25/08/2017 06:41 WIB
PERNAHKAH merasa bahwa pekerjaan akan membunuh Anda? Sayangnya, Anda mungkin benar. Ternyata, stres kerja konstan adalah salah satu musuh terburuk