Sering Duduk Seharian? Yuk Kurangi Risiko Sindrom Dengan Cara ini


Sering Duduk Seharian? Yuk Kurangi Risiko Sindrom Dengan Cara ini

OLAHRAGA secara teratur ternyata bisa mengurangi risiko sindrom metabolik pada orang-orang yang pekerjaannya hanya duduk saja. Hal ini menurut studi kecil dari Brasil.

"Jika Anda memiliki pekerjaan yang tidak membutuhkan gerakan fisik, terutama dalam posisi duduk selama berjam-jam, Anda harus berolahraga setidaknya 150 menit per minggu dalam intensitas sedang untuk mengurangi dampak buruk dari perilaku menetap di tempat kerja," kata peneliti, Eduardo Caldas Costa, seperti dilansir laman Lifescript, Rabu (23/8).

Perilaku menetap telah dikaitkan dengan peningkatan risiko sindrom metabolik, termasuk obesitas perut, tekanan darah tinggi dan kolesterol HDL baik yang rendah yang pada gilirannya, dikaitkan dengan peningkatan risiko pengembangan penyakit jantung dan tipe 2 diabetes.

Para peneliti juga menyelidiki apakah pekerja Angkatan Laut yang menghabiskan sekitar delapan jam sehari duduk, kebanyakan bertugas di bidang administrasi, memiliki risiko sindrom metabolik yang berbeda berdasarkan tingkat aktivitas mereka di luar pekerjaan.

Semua pekerja adalah laki-laki, berusia antara 26-42 tahun. Dari 502 pekerja yang termasuk dalam analisis akhir, 201 atau 40 persennya, tidak mencapai setidaknya 150 menit per minggu aktivitas moderat yang disarankan.

Hampir setengah, yakni sekitar 48 persen kelebihan berat badan dan hampir 19 persen mengalami obesitas.

Setelah disesuaikan dengan usia, waktu dalam pekerjaan, indeks massa tubuh (BMI) dan penggunaan tembakau, para periset menemukan pekerja yang menetap yang memenuhi rekomendasi aktivitas fisik hanya sekitar setengahnya memiliki sindrom metabolik, dibandingkan dengan mereka yang memiliki tingkat aktivitas lebih tinggi.

Pekerja dengan tingkat aktivitas yang lebih rendah juga cenderung mengalami obesitas perut, tekanan darah tinggi dan HDL rendah.

"Pekerja yang hanya menetap tetap harus bergerak sesering mungkin untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan metabolik," jelas Caldas Costa.

Terlibat dalam aktivitas fisik seperti aktivitas dalam rumah tangga dan menggunakan transportasi aktif yaitu, berjalan kaki dan atau bersepeda bisa mencegah timbulnya sindrom metabolik.

Penelitian ini diterbitkan dalam Journal of Occupational and Environmental Medicine.(fny/jpnn)





Berikan Komentar

Lifestyle Lainnya
Ketahui 3 Masalah Kulit yang Sering Dialami Pria
Ketahui 3 Masalah Kulit yang Sering Dialami Pria
Jum'at, 06/07/2018 15:36 WIB
Banyak melakukan aktivitas di luar ruangan, para pria juga perlu melakukan perawatan kesehatan kulit dan rambut. Terlebih saat musim hujan
Ini yang Terjadi pada Tubuh Saat Minum Kopi
Ini yang Terjadi pada Tubuh Saat Minum Kopi
Rabu, 11/04/2018 11:03 WIB
BANYAK orang yang menyukai minum kopi. Bahkan, kopi sendiri seakan dijadikan sebagai minuman yang wajib untuk di konsumsi, terutama di
Ingin Miliki Rambut Lebih Tebal? Coba Lakukan 6 Langkah Ini
Ingin Miliki Rambut Lebih Tebal? Coba Lakukan 6 Langkah Ini
Senin, 26/03/2018 06:48 WIB
JAKARTA - Sebagai mahkota, rambut merupakan salah satu ujung tombak dalam berpenampilan. Tak heran, kerontokan pada rambut menjadi masalah menjengkelkan
5 Penyebab Melonjaknya Berat Badan
5 Penyebab Melonjaknya Berat Badan
Senin, 29/01/2018 12:12 WIB
Berat badan umumnya bertambah saat kalori yang dibakar tubuh ketika beraktivitas lebih sedikit daripada kalori yang masuk dari makanan yang