​Wagub Launching GERMAS dan GEMMAS di Desa Mancung


​Wagub Launching GERMAS dan GEMMAS di Desa Mancung

KELAPA - Wakil Gubernur Provinsi Bangka Belitung H Abdul Fattah melaunching program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Gerakan Masyarakat Mancung Sehat (GEMMAS) di alun-alun Desa Mancing, Kecamatan Kelapa, Bangka Barat (Babar), Minggu (20/8).

Kegiatan diawali dengan jalan sehat bersama masyarakat Desa mancung dan sekitarnya yang dilepas oleh Wakil Gubernur Babel H Abdul Fatah dan Sekda Kabupaten Bangka Barat Yunan Helmi. Wagub bersama Sekda Kabupaten Bangka Barat beserta kepala OPD baik dari Provinsi Kepulauan Bangka belitung maupun kepala OPD yang ada di Kabupaten Bangka Barat juga ikut serta jalan sehat bersama peserta lainnya sejauh 6 Km.

Selain jalan sehat, pada kegiatan tersebut pihak panitia penyelenggara juga menyediakan masyarakat yang hadir untuk makan buah gratis, pemeriksaan kesehatan gratis seperti pemeriksaan tinggi badan, berat badan, tekanan darah, gula, kolesterol serta konsultasi dengan dokter dan petugas gizi.

Penyediaan pemeriksaan kesehatan gratis tersebut disediakan langsung oleh Dinkes Babar bekerjasama dengan Puskesmas Kelapa.

Bupati Bangka Barat dalam sambutan yang dibacakan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat Kasnety mengajak seluruh masyarakat Bangka Barat untuk bersama- sama meningkatkan derajat kesehatan dengan melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Gerakan Masyarakat Mancung Sehat (GEMAMAS). "Semoga sinergi yang baik antara seluruh masyarakat dan pemerintah dapat dipertahankan dan ditingkatkan dalam rangka menuju Kabupaten Bangka Barat Hebat tahun 2021," ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Bangka Belitung drg. Mulyono Susantto memberikan apresiasi kegiatan penggalangan Komitmen Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Gerakan Masyarakat Mancung Sehat (GEMAMAS) yang terlaksana dengan baik.

"Ini sebagai bukti bahwa pemberdaayaan masyarakat sudah berjalan sebagaimana mestinya," ungkap Mulyono.

Sementara itu Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah mengatakan, sangat senang berada di tengah- tengah masyarakat Desa Mancung yang baru saja terpilih sebagai desa terbaik juara pertama lomba desa ber-PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2017 dan berhak mewakili ke tingkat Nasional

"Oleh karena itu, diharapkan seluruh warga Desa Mancung khususnya dapat berinovasi untuk menerapkan GERMAS sesuai Instruksi Presiden Nomor 1 tahun 2017 dengan melakukan GEMAMAS (Gerakan Masyarakat Mancung Sehat)," ungkap H Abdul Fattah.

Selain itu, Wakil Gubernur Babel mengharapkan semua desa/kelurahan se-Bangka Belitung dapat mengikuti jejak Desa Mancung ini yang peduli terhadap masalah kesehatan di wilayahnya. "Kita harapkan seluruh desa/kelurahan di Provinsi Babel bisa menerapkan apa yang sudah dilakukan masyarakat Desa Mancung dengan kepeduliannya terhadap masalah kesehatan di wilayahnya," imbuh H Abdul Fattah. (ray/adv)





Berikan Komentar

Radar Ceremony Lainnya
​Parhan Ali : Penyuluhan Hukum Dana Desa Penting Demi Pembangunan Babar
​Parhan Ali : Penyuluhan Hukum Dana Desa Penting Demi Pembangunan Babar
Jum'at, 25/08/2017 13:28 WIB
MUNTOK - Bupati Bangka Barat (Babar) H Parhan Ali, menyambut baik sekaligus mengapreasi kegiatan penyuluhan hukum tentang penggunaan dana desa
H Justiar Noer: Teruslah Berkreativitas Dalam Mengisi Kemerdekaan
H Justiar Noer: Teruslah Berkreativitas Dalam Mengisi Kemerdekaan
Jum'at, 25/08/2017 13:09 WIB
TOBOALI - Masyarakat "Negeri Junjung Besaoh" Kabupaten Bangka Selatan (Basel), sangat antusias kembali tumpah ruah memadati sepanjang jalan protokol
​Endang "Ibu Kite" Semarakan HUT RI ke-72
​Endang "Ibu Kite" Semarakan HUT RI ke-72
Selasa, 22/08/2017 15:10 WIB
PANGKALPINANG - Melalui momentum HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, Ir Endang Kusumawaty "Ibu Kite" Sang Srikandi muda
​DPRD Gelar Paripurna Penandatanganan Nota Kesepakatan
​DPRD Gelar Paripurna Penandatanganan Nota Kesepakatan
Kamis, 10/08/2017 15:50 WIB
KOBA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangka Tengah (Bateng) menggelar rapat tertinggi Paripurna, Rabu (9/8) pagi kemarin