​Parhan Ali : Penyuluhan Hukum Dana Desa Penting Demi Pembangunan Babar


​Parhan Ali : Penyuluhan Hukum Dana Desa Penting Demi Pembangunan Babar

MUNTOK - Bupati Bangka Barat (Babar) H Parhan Ali, menyambut baik sekaligus mengapreasi kegiatan penyuluhan hukum tentang penggunaan dana desa dan TP4D yang di berikan oleh pihak Kejaksaan Negeri Babar kepada para kades se-Babar.
Menurut orang nomor satu di Babar tersebut, penyuluhan hukum tersebut sangat penting untuk diterima oleh Kepala Desa demi pembangunan yang ada di desa masing-masing.

"Kita menyambut baik kegiatan penyuluhan hukum tentang dana desa dan TP4D ini, karena sangat penting untuk kades-kades  dalam melaksanakan pembangunan di desa masing-masing," ungkap H Parhan Ali, Kamis (24/8) pagi.
Pembangunan yang ada di desa erat kaitannya dengan penggunaan dana desa itu sendiri. Untuk itu, dirinya menghimbau kepada seluruh Kades di Babar dalam hal penggunaan dana desa jangan sampai menyalahi aturan yang ada. Penggunaan dana desa bisa saja dilakukan semaksimal mungkin namun dalam penggunaanya kades berserta aparatur pemdes lainnya harus tetap mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Oleh karena itu, dengan adanya penyuluhan hukum dan TP4D ini diharapkan tidak ada lagi penyimpangan atau penyalahgunaan dana desa untuk melaksanakan pembangunan yang ada di desa itu sendiri. Namun yang terpenting, pembangunan yang dilaksanakan memiliki nilai yang bisa memberikan manfaat bagi masyarakat terutama untuk menunjang perekonomian masyarakat desa di Babar," katanya.

Menurutnya, desa merupakan ujung tombak pelaksanaan pembangunan yang ada di Kabupaten Babar. Maka daripada itu, selain dari efektif efisiensi penggunaan anggaran harus mengacu pada koridor hukum atau atau aturan main yang berlaku. 
Pada kesempatan itu juga Bupati Babar H Parhan Ali menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak Kejaksaan Negeri Babar yang senantiasa memberikan pendampingan kepada para Kades maupun Aparatu Pemdes lainnya terkait dengan penggunaan dana desa di Babar.

Sementara Kajari Babar Lanna Hanny Wanike Pasaribu atau yang biasa disapa Ike mengatakan, bahwa dalam hal penggunaan dana desa untuk pembangunan yang ada masing-masing desa di Babar, pihaknya dalam hal ini Kejari Babar adalah sebagai pendamping dalam penggunaan dana desa bukan pihak yang mengawasi.
"Untuk itu, para kades tidak usah ragu menggunakan dana desa untuk pembangunan di desa masing-masing. Hanya saja, dalam penggunaannya harus sebaik-baik mungkin dan semaksimal mungkin, jika tidak akan menjadi percuma," ungkap Ike sebelum memaparkan materi yang akan ia sampaikan terkait dengan penyuluhan hukum dana desa dan TP4D.
Ike menambahkan, mengenai penggunaan dana desa sesuai instruksi Kepala Kejaksaan Agung RI melalui Jamintel Kejagung RI memerintahkan seluruh jajarang Kejari se-Indonesia untuk memberikan penyuluhan hukum tentang dana desa dan TP4D secara serentak yang dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB pagi Kamis (24/8) pagi.

"Jadi, hari ini seluruh kades se-Indonesia mengikuti hal yang sama yang kita lakukan pada pagi hari ini. Karena sesuai intruksi Kajagung RI melalui Jamintel Kejagung seluruh Kejari di Indonesia kecuali Kejari Pemda Kota untuk memberikan penyuluhan hukum tentang ini (dana desa dan TP4D,red), "ujar dia.

Dirinya mengimbaukan, agar para kades untuk betul-betul menyimak setiap materi yang disampaikan oleh pihak Kejaksaan Negeri Babar mengenai penggunaan dana desa ini.

"Saya mengimbaukan kepada para Kades yang hadir hari ini, untuk betul-betul menyimak setiap materi yang kami sampaikan. Karena ini sangat penting untuk kades-kades di Babar," tandasnya. (ray/adv)





Berikan Komentar

Radar Ceremony Lainnya
H Justiar Noer: Teruslah Berkreativitas Dalam Mengisi Kemerdekaan
H Justiar Noer: Teruslah Berkreativitas Dalam Mengisi Kemerdekaan
Jum'at, 25/08/2017 13:09 WIB
TOBOALI - Masyarakat "Negeri Junjung Besaoh" Kabupaten Bangka Selatan (Basel), sangat antusias kembali tumpah ruah memadati sepanjang jalan protokol
​Wagub Launching GERMAS dan GEMMAS di Desa Mancung
​Wagub Launching GERMAS dan GEMMAS di Desa Mancung
Rabu, 23/08/2017 14:28 WIB
KELAPA - Wakil Gubernur Provinsi Bangka Belitung H Abdul Fattah melaunching program GERMAS dan GEMMAS
​Endang "Ibu Kite" Semarakan HUT RI ke-72
​Endang "Ibu Kite" Semarakan HUT RI ke-72
Selasa, 22/08/2017 15:10 WIB
PANGKALPINANG - Melalui momentum HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, Ir Endang Kusumawaty "Ibu Kite" Sang Srikandi muda
​DPRD Gelar Paripurna Penandatanganan Nota Kesepakatan
​DPRD Gelar Paripurna Penandatanganan Nota Kesepakatan
Kamis, 10/08/2017 15:50 WIB
KOBA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangka Tengah (Bateng) menggelar rapat tertinggi Paripurna, Rabu (9/8) pagi kemarin