Merah Putih Besar Sempat Dilarang Panpel Piala AFF U-18


Merah Putih Besar Sempat Dilarang Panpel Piala AFF U-18

YANGON - Membawa Merah Putih ukuran besar, sekitar 20 suporter Timnas Indonesia U-19 di tribun VIP Stadion Thuwunna, Yangon, memberikan dukungan pada Egy Maulana Vikri dkk melawan Vietnam di ajang Piala AFF U-18.

Bendera ukuran 10x6 meter itu dibawa oleh Harie Pandiono, 54, dan Budi Semar, 45, suporter Indonesia asal Malang.

Mereka datang dari Indonesia dan baru tiba di Yangon kemarin pagi. Sayangnya, keputusan membentangkan bendera itu sempat dilarang oleh panitia pelaksana pertandingan (panpel).

Padahal, biasanya ketika mereka menonton di stadion-stadion di Thailand dan Filipina tidak pernah bermasalah.

”Kami sudah datang jauh dari Indonesia, sayang kalau sampai tidak berkibar. Tidak sampai lima menit kok. Cuma waktu Indonesia Raya berkumandang saja,” ujar Budi kepada Jawa Pos.

Dengan bantuan dari Budimansyah selaku perwakilan dari KBRI Myanmar, Harie dan Budi berusaha untuk melobi panpel.

Tapi, keterbatasan pemahaman bahasa membuat panpel masih belum mengizinkan. Namun, setelah lobi-lobi, dibolehkan berkibar selama lima menit di tribun VIP.

Menurut Media Officer Myanmar Football Federation (MFF) Bo Bo Min, peraturan yang dimiliki MFF tidak membolehkan bendera sebesar itu menutupi tribun VIP.

”Ini bukan tribun suporter. Kami mengizinkan tetap membentangkan bendera di tribun ekonomi. Tapi, karena mereka bilang cuma lima menit, tidak apa-apa lah. Lagi pula hanya saat lagu kebangsaan berkumandang,” ucap Bo Bo Min.

Akhirnya, ketika pertandingan berlangsung, para suporter itu memindahkan bendera ke tribun ekonomi sebelah barat.

Letaknya hanya di sebelah tribun VIP. Sayang, usaha ini tidak diiringi dengan keberhasilan skuad Garuda Nusantara meraih tiga poin karena kalah 0-3 dari Vietnam.

”Memang hasil ini kurang memuaskan. Tetapi, menjadi sebuah kebanggaan bagi kami berhasil membentangkan bendera tersebut saat menyanyikan Indonesia Raya. Semoga timnas bisa ke semifinal lalu menjadi juara,” kata Harie yang rencananya pulang ke tanah air pagi ini karena alasan pekerjaan. (*/ham)





Berikan Komentar

Sportivo Lainnya
Cristiano Ronaldo Marah Beritanya Dipelintir Wartawan
Cristiano Ronaldo Marah Beritanya Dipelintir Wartawan
Rabu, 22/11/2017 15:57 WIB
NICOSIA - Salah satu bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo tak berminat melayani wartawan yang menunggunya usai laga Madrid di kandang
PSSI Mediasi Madura United-Bhayangkara FC, Inilah Hasilnya
PSSI Mediasi Madura United-Bhayangkara FC, Inilah Hasilnya
Selasa, 14/11/2017 15:02 WIB
JAKARTA - PSSI akhirnya mengambil langkah mediasi untuk menyelesaikan ketegangan antara Bhayangkara FC dan Madura United, Senin (13/11).
BFC Juara, Suporter dan Pemain tak Ada yang Percaya
BFC Juara, Suporter dan Pemain tak Ada yang Percaya
Minggu, 12/11/2017 03:18 WIB
JAKARTA - Bhayangkara FC menjadi juara, belum ada satupun pemain dan suporter yang percaya. Ya, mereka tak menyangka klub yang
Jatuh 27 Kali, Marquez Start Terdepan di MotoGP Valencia
Jatuh 27 Kali, Marquez Start Terdepan di MotoGP Valencia
Minggu, 12/11/2017 03:24 WIB
VALENCIA - Peluang Marc Marquez mempertahankan gelar juara dunia MotoGP kian terbuka lebar. Rider Repsol Honda itu memastikan posisi start