Merah Putih Besar Sempat Dilarang Panpel Piala AFF U-18


Merah Putih Besar Sempat Dilarang Panpel Piala AFF U-18

YANGON - Membawa Merah Putih ukuran besar, sekitar 20 suporter Timnas Indonesia U-19 di tribun VIP Stadion Thuwunna, Yangon, memberikan dukungan pada Egy Maulana Vikri dkk melawan Vietnam di ajang Piala AFF U-18.

Bendera ukuran 10x6 meter itu dibawa oleh Harie Pandiono, 54, dan Budi Semar, 45, suporter Indonesia asal Malang.

Mereka datang dari Indonesia dan baru tiba di Yangon kemarin pagi. Sayangnya, keputusan membentangkan bendera itu sempat dilarang oleh panitia pelaksana pertandingan (panpel).

Padahal, biasanya ketika mereka menonton di stadion-stadion di Thailand dan Filipina tidak pernah bermasalah.

”Kami sudah datang jauh dari Indonesia, sayang kalau sampai tidak berkibar. Tidak sampai lima menit kok. Cuma waktu Indonesia Raya berkumandang saja,” ujar Budi kepada Jawa Pos.

Dengan bantuan dari Budimansyah selaku perwakilan dari KBRI Myanmar, Harie dan Budi berusaha untuk melobi panpel.

Tapi, keterbatasan pemahaman bahasa membuat panpel masih belum mengizinkan. Namun, setelah lobi-lobi, dibolehkan berkibar selama lima menit di tribun VIP.

Menurut Media Officer Myanmar Football Federation (MFF) Bo Bo Min, peraturan yang dimiliki MFF tidak membolehkan bendera sebesar itu menutupi tribun VIP.

”Ini bukan tribun suporter. Kami mengizinkan tetap membentangkan bendera di tribun ekonomi. Tapi, karena mereka bilang cuma lima menit, tidak apa-apa lah. Lagi pula hanya saat lagu kebangsaan berkumandang,” ucap Bo Bo Min.

Akhirnya, ketika pertandingan berlangsung, para suporter itu memindahkan bendera ke tribun ekonomi sebelah barat.

Letaknya hanya di sebelah tribun VIP. Sayang, usaha ini tidak diiringi dengan keberhasilan skuad Garuda Nusantara meraih tiga poin karena kalah 0-3 dari Vietnam.

”Memang hasil ini kurang memuaskan. Tetapi, menjadi sebuah kebanggaan bagi kami berhasil membentangkan bendera tersebut saat menyanyikan Indonesia Raya. Semoga timnas bisa ke semifinal lalu menjadi juara,” kata Harie yang rencananya pulang ke tanah air pagi ini karena alasan pekerjaan. (*/ham)





Berikan Komentar

Sportivo Lainnya
 Prancis Juara Piala Dunia 2018 Rusia
Prancis Juara Piala Dunia 2018 Rusia
Senin, 16/07/2018 10:36 WIB
RUSIA - Ada harapan besar ketika akan menyaksikan sebuah pertandingan final. Apalagi final Piala Dunia. Harapan mendapat tontonan menarik, dramatis,
Piala Dunia 2018: Curhat Memilukan Andres Iniesta
Piala Dunia 2018: Curhat Memilukan Andres Iniesta
Senin, 02/07/2018 17:32 WIB
MOSKOW - Piala Dunia 2018 tidak ubahnya tragedi bagi gelandang tim nasional Spanyol Andres Iniesta. Pasalnya, Iniesta gagal membawa Spanyol
Madrid vs Juventus: Bentrok di Terowongan Santiago Bernabeu
Madrid vs Juventus: Bentrok di Terowongan Santiago Bernabeu
Kamis, 12/04/2018 16:02 WIB
MADRID - Duel Real Madrid vs Juventus dalam leg kedua 8 Besar Liga Champions, Kamis (12/4) dini hari tadi diwarnai
Buffon Bandingkan Wasit Madrid vs Juventus dengan Binatang
Buffon Bandingkan Wasit Madrid vs Juventus dengan Binatang
Kamis, 12/04/2018 10:58 WIB
MADRID - Kiper sekaligus kapten Juventus, Gianluigi Buffon mengecam keras kepemimpinan wasit laga Real Madrid vs Juventus di Liga Champions,