​Suku Loem Bisa Jadi Potensi Wisata


​Suku Loem Bisa Jadi Potensi Wisata

  • Tampilkan Rumah Adat Suku Lom di Depan Bupati 

SUNGAILIAT - Desa Gunung Muda, Kecamatan Belinyu menampilkan Suku Adat Lom dalam karnaval di Kabupaten Bangka, Senin (21/8) kemarin. Diketahui, Desa Gunung Muda merupakan satu dari lima desa di Kabupaten Bangka sebagai tempat pelaksanaan KKN Bersama se-Indonesia Wilayah Barat. Desa ini menyimpan keunggulan yaitu adanya suku adat “Lom” yang mendiami salah satu dusun dari desa tersebut. Suku adat ini disebut-sebut kaya akan kerarifan lokal yang dimiliki namun tetap bertahan dalam modernisasi zaman.

Kepala Desa Gunung Muda, Syamsul Imran, mengatakan bahwa adat istiadat yang dimiliki oleh Suku Lom masih begitu asli sehingga punya potensi besar untuk dikembangkan sebagai potensi wisata. “Masyarakat dan pemerintah harus dapat melihat potensi tersebut,” imbuh Syamsul, Senin (21/8) kemarin.

Mobil pawai Desa Gunung Muda diisi dengan prototype dari rumah adat yang menyimpan nilai kearifan lokal tersendiri. Dinding, atap, lantai, tangga, dan semua komponen dari rumah disusun dengan hitungan khusus yang diwariskan secara turun-temurun dan filosofi yang menjaga alam.

Syirazi Neyasyah, Wakil Koordinator Mahasiswa Desa Gunung Muda, mengaku bangga dapat menunjukkan Suku Lom pada masyarakat luas. “Alhamdulillah, kami bersyukur dan bangga sudah bisa membawa Suku Lom unjuk gigi dan menghantarkannya sampai ke depan Bapak Bupati. Suku Lom juga pasti bagian dari Indonesia dan bersuka ria atas peringatan kemerdekaan bangsa ini,” ujar mahasiswa asal Univeristas Bengkulu ini.

KKN Bersama merupakan program kuliah kerja nyata yang dilaksanakan oleh Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri (BKS-PTN) Wilayah Barat Indonesia bekerja sama dengan Kemenristekdikti dan Pemerintah Kabupaten Bangka. Univeristas Bangka Belitung pada kesempatan ini berkesempatan menjadi tuan rumah program. KKN ini diikuti oleh 148 mahasiswa dari 23 perguruan tinggi negeri di Indonesia Wilayah Barat yang tersebar di 5 desa di Kabupaten Bangka. Kegiatan ini didukung oleh PT. Timah, BKKBN, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Bank Sumselbabel, dan Bank BRI.(rel) 





Berikan Komentar

Weekend Lainnya
Sensasi Tidur di Rumah Pohon di Taman Langit dan Omah Kayu
Sensasi Tidur di Rumah Pohon di Taman Langit dan Omah Kayu
Sabtu, 23/09/2017 09:04 WIB
BATU - Ide kreatif Perhutani Malang patut diacungi jempol. Pasalnya, dari kawasan hutan yang dikelolanya, berkat tangan-tangan kreatif akhirnya menjadi
​Pulau Putri Mulai Dilirik Turis Asing
​Pulau Putri Mulai Dilirik Turis Asing
Senin, 14/08/2017 13:59 WIB
BELINYU - Lokasi Pulau Putri di Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka sangat mudah dijangkau. Dengan menggunakan perahu untuk menyebrang ke Pulau
Tempat-Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Bangka Belitung
Tempat-Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Bangka Belitung
Senin, 24/07/2017 20:07 WIB
Kementerian Pariwisata Indonesia menetapkan Bangka Belitung sebagai next Bali, yang bisa diterjemahkan sebagai pembangunan kawasan kepulauan di Provinsi Riau ini
Aksesibilitas Wisata Dieng Belum Penuhi Syarat
Aksesibilitas Wisata Dieng Belum Penuhi Syarat
Senin, 24/07/2017 14:55 WIB
DIENG - Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih mengatakan perlu ada sinergitas antara Kementerian Pariwisata